Timnas Indonesia Minus Empat Pemain Naturalisasi Hadapi Brunei Malam Ini

Gila BolaTimnas Indonesia akan menjamu Brunei Darussalam di leg ke-1 putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (12/10) malam. Sayangnya, di laga ini, empat pemain naturalisasi akan absen dari skuad asuhan Shin Tae-yong.

Untuk laga ini, Shin Tae-yong telah memanggil beberapa pemain naturalisasi untuk memperkuat timnya. Seperti di laga sebelumnya, bintang Persib Bandung Marc Klok diperkirakan akan menjadi andalan di lini, dan dua pemain naturalisasi lainnya, yakni Shayne Pattynama dan Sandy Walsh akan disiagakan di lini belakang.

Sayangnya, Shin Tae-yong tak akan menyaksikan penampilan empat pemain naturalisasi lainnya, yang tak akan bisa bermain di laga ini karena cedera. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu telah menginstruksikan anak asuhnya agar tetap waspada dan fokus dalam hadapi permainan lawan, yang bisa saja tampil mengejutkan.

Apalagi, dalam 11 pertemuan Timnas Indonesia dengan Brunei sebelumnya, skuad Garuda sempat kalah dua kali, meskipun berhasil amankan banyak poin lewat tujuh kali kemenangan dan dua hasil imbang.

Adapun para pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang akan absen di laga melawan Brunei hari ini, adalah:

Jordi Amat

Shin Tae-yong juga urung memanggil Jordi Amat untuk lama melawan Brunei malam ini, karena ia mengalami cedera saat bermain untuk klubnya, Johor Darul Takzim, di ajang Liga Champions Asia.

Jordi Amat memang menjadi andalan klub Malaysia tersebut, hingga ia kini dipercaya untuk menjadi kapten tim Johor. Permainannya yang menawan juga telah membuat Amat menjadi andalan Shin Tae-yong di lini belakang skuad Indonesia.

Rafael Struick

Rafael Struick tak akan bermain di pertemuan pertama Timnas Indonesia dengan Brunei malam ini, meskipun namanya masuk dalam skuad Shin Tae-yong.

Pemain ADO Den Haag ini sebelumnya juga sudah jadi andalan Indonesia di laga melawan Timnas Palestina dan Argentina, serta sudah mencetak satu gol dalam Kualifikasi Piala Asia U23.

Absennya Struick kali ini disebabkan karena cedera ringan yang dialaminya. Dengan mengistirahatkannya di laga malam nanti, Shin Tae-yong berharap bisa kembali andalkan Struick di laga berikutnya.

Ivar Jenner

Bintang Jong Utrecht FC itu tak masuk daftar pemain Timnas Indonesia setelah sebelumnya bermain gemilang di Kualifikasi Piala Asia U-23 dan di laga persahabatan melawan Argentina.

Hal ini tak lain karena ia mengalami cedera saat bermain untuk klubnya, hingga ia tak mungkin pulang ke Indonesia dan membela skuad Garuda tengah pekan ini.

Hikmah dari absennya Jenner – dan juga Marselino Ferdinan, akan terbuka peluang bagi gelandang serang Arema FC yang masih berusia 18 tahun, Arkhan Fikri, untuk memulai debutnya.

Stefano Lilipaly

Kapten Borneo FC ini absen membela Indonesia di laga malam nanti, setelah ia sebelumnya jadi andalan di laga melawan Turkmenistan.

Anehnya, meski bersinar bersama klubnya, Shin Tae-yong tak memanggil Lilipaly untuk membela Indonesia hadapi Brunei.

Menurut asistennya, Nova Arianto, Shin Tae-yong mempertimbangkan sikap dan karakter Lilipaly dalam memilih pemain yang akan membela timnya, hingga pelatih itu putuskan untuk tak memanggil sejumlah pemain, termasuk Lilipaly.

Daftar Pemain Timnas Indonesia

Kiper: Nadeo Argawinata, Ernando Ari Sutaryadi, Syahrul Trisna.

Bek: Wahyu Prasetyo, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, Edo Febriansyah, Fachruddin Aryanto.

Gelandang: Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Dzaky Asraf.

Penyerang: Dimas Drajad, Ramadhan Sananta, Dendy Sulistyawan, Rafael Struick, Hokky Caraka.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!