Timnas Inggris Kurang Pemain? Utang Budi Apa Southgate Pada Maguire, Phillips?

Gila Bola – Lagi-lagi Harry Maguire terpilih masuk skuad Inggris dan akan turun sebagai starter Sabtu malam ini (9/9) kontra timnas Ukraina dalam kualifikasi Euro 2024. Ada utang budi apa sih Gareth Southgate terhadap bek tengah Manchester United tersebut?

Kening para komentator berkerut setelah menyadari bek Setan Merah yang musim ini jarang dimainkan oleh Erik ten Hag, lagi-lagi terpilih masuk skuad tim nasional yang akan dimainkan pada malam ini di Polandia melawan tim nasional Ukraina.

Selain Maguire, Southgate juga berencana memainkan Kalvin Phillips. Bek Manchester City tersebut, tahu berapa menit bermainnya musim ini? Enam menit saja. Turun membela jersey biru langit saat kemenangan 5-1 atas Fulham.

Southgate beralasan mereka kekurangan pemain pelapis di posisi bek tengah, meskipun data para pemain memperlihatkan adanya dua pemain lain yang seharusnya menjadi prioritas Southgate.

Harry Maguire Baru Bermain 23 Menit!

Bek Red Devils yang didatangkan dari Leicester City itu baru dimainkan satu kali oleh Ten Hag, yakni ketika mereka tandang ke Arsenal pada 3 September lalu dan menderita kekalahan 3-1.

Maguire turun sebagai starter? Sebaliknya, ia hanya dimainkan selama 23 menit terakhir laga di Emirates Stadium itu saat ia masuk menggantikan Lisandro Martinez yang terlihat cedera.

Bagaimana seorang pemain yang baru kebagian kebugaran 23 menit saja dalam sebuah laga Liga Inggris dimainkan untuk membela the Three Lions?

Menurut Rating, Guehi dan White Lebih Baik dari Maguire

Jika Southgate merasa bahwa ia kekurangan pemain untuk posisi tengah, usai cederanya John Stones (cedera otot) dan Tyrone Mings (cedera lutut) maka menurut rating yang dirilis oleh SofaScore, masih ada dua pemain yang lebih baik daripada Harry Maguire dan Kalvin Phillips.

Dua pemain itu adalah Marc Guehi yang sehari-hari membela Crystal Palace dan Ben White Arsenal. Keduanya memperoleh rating 7,13 dan 7,15 masing-masing. Sudah lebih dari cukup untuk turun bagi skuad utama timnas Inggris.

Di posisi bek kanan guna menggantikan Reece James atau Trent Alexander-Arnold yang keduanya juga tengah cedera, ada Kieran Trippier dengan nilai 7,28 dan posisi bek kiri Luke Shaw 7,70.

Mengapa Timnas Ukraina Main Laga Kandang di Polandia?

Ukraina terpaksa memainkan laga kandang mereka di kota Wroclaw di Polandia sebelah barat setelah negaranya selama dua tahun terakhir menderita peperangan dengan Rusia.

Selain secara teknis tidak mungkin melakukan laga kualifikasi Euro 2024 di kota mana pun di negeri itu, UEFA juga keberatan dengan ide penyelenggaraan laga sepak bola di kota-kota Ukraina, yang secara teknis masih bisa dijangkau misil-misil Rusia.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!