Tugas Pertama Roberto Martinez Bersama Timnas Portugal di Kualifikasi Piala Eropa 2024

Gila Bola – Timnas Portugal akan memulai babak baru bersama pelatih baru Roberto Martinez yang menggantikan Fernando Santos, dan Piala Eropa 2024 adalah tugas pertama Martinez!!

Fernando Santos memimpin tim nasional Portugal selama delapan tahun dan berhasil membawa timnya meraih gelar Euro 2016, trofi besar pertama negara itu, serta gelar Nations League 2019.

Sementara Roberto Martinez meninggalkan Timnas Belgia setelah enam tahun mengabdi dengan tim nasional tersebut setelah mengalami kekecewaan di fase grup Piala Dunia 2022. Martinez datang dengan janji untuk menghormati pencapaian Ronaldo bersama tim nasional dan mengatakan bahwa Ronaldo akan menjadi salah satu kapten tim.

“Saya terkejut dengan tingkat komitmen para pemain untuk tim nasional,” ujar Martinez. “Semua orang bisa bermain. Kami memulai siklus baru dan kami menginginkan yang terbaik. Ronaldo adalah bagian dari yang terbaik dan kami membutuhkan pengalamannya.”

Selain Ronaldo, Martinez akan mewarisi skuad yang penuh dengan pemain berbakat seperti Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Diogo Jota, Goncalo Ramos, dan Joao Felix. Pelatih itu tidak banyak melakukan perubahan pada skuad, dengan bek berusia 40 tahun Pepe juga kembali bermain bersama Ronaldo yang berusia 38 tahun.

Joao Felix menyebutkan bahwa mereka hanya sebentar membahas tentang rencana yang dimiliki Martínez. Pada dasarnya, ia memberikan ide-ide untuk kedua pertandingan yang akan dilaksanakan di babak kualifikasi Piala Eropa bulan ini. Martínez membicarakan tentang dinamika menyerang dan hubungan antara pemain sayap dan striker.

Meskipun Portugal diunggulkan pada pertandingan melawan Liechtenstein dan juga pada pertandingan melawan Luxembourg pekan ini, Joao Felix tetap merendah. Sebagai juara Euro 2016, Portugal harus tetap siap dan tidak meremehkan lawan. Felix mengingatkan peristiwa Piala Dunia ketika Portugal kalah dari Maroko di pertandingan yang sebelumnya Portugal yang diunggulkan.

Pertandingan selalu rumit karena setiap tim mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Semua pertandingan dijalani seperti sebuah final. Semua pertandingan akan sulit, baik di kandang maupun tandang. Portugal harus tetap berhati-hati.

Portugal belum pernah kalah melawan Liechtenstein, dengan enam kemenangan dan satu hasil imbang dalam tujuh pertandingan.

Kiper Porto, Diogo Costa, absen pada hari Rabu karena cedera otot dan digantikan oleh Celton Biai yang bermain untuk Vitoria Guimaraes.

Selain itu, Portugal juga akan berhadapan dengan Islandia, Slovakia dan Bosnia-Herzegovina di grup kualifikasi Euro 2024. Dua tim teratas dari masing-masing dari 10 grup akan lolos ke babak final.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!