Wahai Timnas Jerman, Sudah Saatnya Pakai Pelatih Asing!

Gila Bola – Siapa pelatih timnas Jerman yang baru belum diketahui. Namun Michael Ballack mendorong Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) merekrut Louis van Gaal.

Timnas Jerman memang telah berhasil mengakhiri puasa kemenangan setelah menang dengan skor 2-1 atas timnas sepak bola Perancis di laga FIFA Matchday bulan September.

Namun sekarang Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) belum memutuskan siapa pengganti dari Hansi Flick. Sejumlah nama telah dikaitkan akan menjadi juru racik Die Mannschaft. Salah satunya adalah Julian Nagelsmann.

Julian Nagelsmann adalah satu nama yang paling santer diberitakan akan menangani timnas Jerman. Tapi Michael Ballack menyarankan agar Joshua Kimmich dan kolega sudah saatnya ditangani pelatih asing dan ia merekomendasikan Louis van Gaal.

Alasan Pilih Louis van Gaal

Dalam wawancaranya dengan Kicker, Michael Ballack mengatakan mencari pelatih harus berorientasi pada yang terbaik. Ia pun ingin timnas Jerman ditangani oleh pelatih yang berpengalaman.

Menurutnya, Louis van Gaal adalah pelatih sepak bola yang luar biasa. Michael Ballack juga menyebutkan Van Gaal adalah sosok pelatih yang dibutuhkan oleh timnas Jerman saat ini.

Michael Ballack menilai timnas Jerman sudah waktunya butuh penyegaran. Artinya,ia ingin Die Mannschaft ditangani oleh pelatih asing.

Bakal Jadi yang Pertama 

Jika Louis van Gaal yang terpilih menjadi penggati Hansi Flick, maka pria asal Belanda menjadi juru taktik asing pertama timnas Jerman. Tercatat sejak Juli 1926, mereka selalu pakai pelatih lokal dimulai dari Otto Nerz.

Di sisi lain, Michael Ballack meragukan Julian Nagelsmann sebagai pelatih sangat normal. Pasalnya, ia belum pernah menangani timnas negara lain.

Sementara Luis van Gaal adalah pelatih kerap mondar-mandir memoles timnas Belanda. Terakhir ia membawa Oranje tampil di Piala Dunia 2022.

Cuma Rudi Voller 2 Kali Poles Timnas Jerman 

Meski lebih senang memakai pelatih lokal, tetapi hanya Rudi Voller yang bisa dua kali kembali tangani timnas Jerman. Pertama, dari tahun 2000 sampai 2004.

Kini, ia kembali ditunjuk DFB untuk menjadi pelatih sementara timnas Jermanusai Hansi Flick dipecat. Menarik dinantikan apakah Louis van Gaal bakal yang terpilih atau tidak menangani Die Mannschaft.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!