Wow, Timnas Indonesia Rasa Eropa di Piala Asia 2023!

Gila Bola – Timnas Indonesia ‘rasa Eropa’ akan menjadi andalan di Piala Asia 2023? Seperti apa sih itu?

Ini tak lepas dari prediksi formasi Timnas Indonesia yang akan beraksi di Piala Asia 2023, dan para pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk ikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Turki.

Pelatih asal Korea Selatan itu sebelumnya telah memanggil 29 pemain untuk ikuti pelatnas tersebut, dan membangun skuad yang akan diandalkan di Piala Asia tahun ini yang akan digelar di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Diungkapkan situs resmi Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kerap andalkan formasi 3-5-2 di banyak laga yang dilakoni skuad Garuda, lalu berubah menjadi 5-4-1 saat Ramadhan Sananta dan kawan-kawan bertemu lawan kuat.

Lalu, dalam perhelatan Piala Asia 2023 ini, Shin Tae-yong tak memanggil Nadeo Argawinata dan bakal andalkan Ernando Ari sebagai penjaga gawang utama di tim asuhannya.

Timnas Indonesia akan Andalkan Tiga Bek Muda

Shin Tae-yong juga diperkirakan bakal andalkan tiga bek muda, yakni Justin Hubner – yang baru dinaturalisasi, Elkan Baggott dan Rizki Ridho.

Sementara di posisi dua bek sayap, pelatih 53 tahun itu akan kerahkan Shayne Pattynama dan Sandy Walsh – dua pemain kelas Eropa yang dinilai ampuh untuk meredam aksi para penyerang kelas Asia yang banyak merumput di Eropa.

Lalu, untuk tiga pemain di lini tengah, Shin Tae-yong diperkirakan akan mainkan Jordi Amat dan Marc Klok di posisi pivot dan bekerja sama mengantisipasi serangan lawan dari lini tengah, sekaligus menjadi jembatan lini depan.

Timnas Indonesia Punya Banyak Cadangan Berkualitas

Sedangkan Marselino Ferdinan, akan dikerahkan untuk bergerak bebas di lini tengah dan bermain lebih ke depan, serta menciptakan aksi serangan yang mengejutkan.

Lalu, Shin Tae-yong kemungkinan besar akan mengkombinasikan dua penyerang muda; Rafael Struick dan Ramadhan Sananta, sebagai mesin gol tim Merah Putih di ajang tersebut.

Shin Tae-yong juga masih punya beberapa nama lain di bangku cadangan seperti Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Ivar Janner dan si kembar Sayuri. Timnas Indonesia kini diyakini akan lebih dalam dan lebih siap untuk beraksi di Piala Asia 2023.

Prediksi susunan pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, adalah Ernando Ari; Justin Hubner, Elkan Baggott, Rizki Ridho; Shayne Pattynama, Sandy Walsh; Marc Klok, Jordi Amat, Marselino Ferdinan; Rafael Struick, Ramadhan Sananta.

Daftar Lengkap Pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023:

  • Kiper: Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Syahrul Trisna (Persikabo 1973), Muhamad Riyandi (Persis Solo);
  • Bek: Shayne Pattynama (Viking FK), Justin Hubner (Wolves), Edo Febriansah (Persib Bandung), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Wahyu Prasetyo (PSIS Semarang), Rizky Ridho (Persija Jakarta), Jordi Amat (Johor Darul Tazim), Elkan Baggott (Ipswich Town), Sandy Walsh (KV Mechelen), Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons);
  • Gelandang: Saddil Ramdani (Sabah FC), Marc Klok (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Dewa United), Adam Alis (Borneo FC), Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Egy Maulana (Dewa United), Ivar Jenner (Jong Utrecht), Arkhan Fikri (Arema FC), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Yance Sayuri (PSM Makassar), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze);
  • Penyerang: Rafael Struick (ADO Den Haag), Hokky Caraka (PSS Sleman), Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Ramadhan Sananta (Persis Solo), Dimas Drajad (Persikabo 1973).
advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!