7 Pemain Roma, Dulu Teman Kini Jadi Bawahan Daniele De Rossi

Gila Bola – Kedatangan Daniele De Rossi akan mengguncang kamar ganti. Sebanyak tujuh orang pemain Roma tidak bisa lagi sembarangan menepuk kepala sang pelatih anyar itu. Kini harus bilang, “Pak Boss, siap komandan!” Inilah tujuh pemain tersebut.

Daniele De Rossi langsung ditunjuk sebagai pengganti Jose Mourinho di Stadio Olimpico usai direksi klub memecat sang pelatih Portugal itu. Ada tujuh pemain Roma yang pernah merasakan jadi teman sang pelatih anyar, tapi kini berubah posisi.

De Rossi diberi kontrak sebagai pelatih sementara Giallorossi sampai akhir Juni. Mungkin saja diperpanjang, mungkin tidak, tergantung hasil performa tim antara hari ini sampai akhir Juni 2024.

Kapten Tim Lorenzo Pellegrini

Dua musim terakhir De Rossi di Roma, dia satu kamar ganti dengan Pellegrini yang waktu itu baru saja datang dari Sassuolo.

Ban kapten usai kepergian De Rossi diserahkan ke Alessandro Florenzi, pemain hasil didikan akademi klub berikutnya, tapi ia pun dalam perjalanan keluar dari Olimpico.

Setelah mampir sejenak di lengan Edin Dzeko, ban kapten dipakai oleh Pellegrini sampai saat ini.

Bryan Cristante

Musim pertama Cristante di ibukota Itala berjalan sulit, namun bahkan De Rossi sudah bisa membca masa depan. Sang pelatih anyar Roma itu pada waktu itu sebagai pemain pernah mengatakan, “Dia bukan Romanisti, tapi saya ingin mendapatkan ratusan pemain seperti dirinya. Dia mati-matian berlatih dan bermain di atas lapangan.”

Tidak heran jika Cristante kemudian mendapatkan gelar wakil kapten Roma saat ini dan akan menjadi salah satu andalan De Rossi untuk membangun skuad barunya.

Andrea Belotti

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Tahu apa jasa Belotti, yang waktu itu masih berstatus pemain Torino ini? Dia memberi assist bagi gol terakhir De Rossi untuk tim nasional Italia, saat melawan Albania pada Maret 2017.

Belotti kini sudah transfer ke Olimpico tapi masih menemukan kesulitan untuk tampil gemilang. Kedatangan bekas rekannya di lini depan Azzurri mungkin akan menolong menemukan kembali tajinya.

Leonardo Spinazzolla

Bulan Juni 2024 nanti kontrak sang pemain akan berakhir di Roma. Mungkin ia pergi, mungkin juga dipertahankan oleh De Rossi. Namun keduanya memiliki ikatan emosional yang sangat kuat.

Kamu mungkin masih ingat De Rossi yang waktu itu berstatus salah satu staf timnas Italia menggendong Spinazzolla di atas lapangan usai Azzurri memastikan gelar juara Euro 2020. Sang pemain terkena cedera parah pada laga perempat final turnamen yang memaksanya menggunakan bantuan tongkat kruk.

Stephan El Shaarway, Rick Karsdorp, Leandro Paredes

Satu dari tiga pemain lain yang pernah bermitra di atas lapangan adalah Stephan El Shaarawy, yang pergi bersamaan dengan De Rossi pada 2019. Usai satu periode di Liga Super China, si pemain kembali ke Olimpico dan sudah menyamai rekor penampilan bersama tim ibukota itu.

Leandro Paredes adalah pemain lain di posisi gelandang bertahan. Ia sama seperti El Shaaraway, datang kembali ke Roma dari PSG usai dijual klub enam tahun lalu. Paredes mengenakan No 16 yang dulu dikenakan De Rossi.

Satu pemain lain adalah Rick Karsdorp asal Belanda, yang pernah kena skorsing oleh Mourinho dengan alasan tidak bermain sungguh-sungguh di atas lapangan. Enam kali setidaknya ia pernah bermain bersama De Rossi.