AS Roma Mungkin Akan Menyesali Keputusan Memecat Mourinho

Gila Bola – Manajemen AS Roma mungkin akan menyesali keputusan mereka untuk memecat Jose Mourinho. Sang pelatih Portugal itu adalah orang pertama yang berhasil membawa trofi ke Stadio Olimpico setelah belasan tahun absen. Mungkin bahkan puluhan tahun absen!

Direksi Roma memutuskan untuk memberhentikan Mourinho pada Selasa siang (16/1) usai penampilan buruk tim dan dua kekalahan beruntun di semua kompetisi, kalah dari AC Milan 3-1 di ajang Liga Italia dan kalah 1-0 dari rival satu kota Lazio di perempat final Coppa Italia. Tapi mereka melupakan jasa sang pelatih.

Sudah belasan tahun berlalu tanpa satu kali pun trofi direbut oleh La Lupa. Kita akan lihat kapan saja terakhir kalinya ada piala datang ke Olimpico.

AS Roma Terakhir Kalinya Menang Trofi Eropa Tahun 1961

Giallorossi terakhir kalinya menang piala di level Eropa pada tahun 1961. Nama kompetisinya Inter-Cities Fairs Cup. Didirikan tahun 1955, diberangus tahun 1971.

Roma menang pada tahun 1961 atas Birmingham City. Itu adalah satu-satunya gelar tim ibukota Italia ini dari turnamen tersebut.

Barcelona adalah pemenang terbanyak, tiga kali, Leeds United dan Valencia dua kali masing-masing. Selain itu sama banyaknya dengan Roma adalah Arsenal, Newcastle United, Ferencvaros dari Hungaria, serta Dinamo Zagreb dari Yugoslavia.

Kemenangan Giallorossi di ajang Liga Konferensi Europa pada 2022 adalah kali pertama kembali merebut trofi di level benua. Tidak mengherankan jika jalanan kota Roma penuh saat klub merayakannya dengan parade keliling kota. Itu seperti mewakili kerinduan para pendukung untuk melihat tim mereka kembali berjaya.

Mereka lolos ke final Eropa tiga kali, namun gagal pulang membawa piala. Tahun 1984 di ajang Piala Eropa, kalah adu penalti melawan Liverpool. Dua kesempatan lain terjadi di ajang Liga Europa, 1991 kalah oleh Inter, dan 2023 kalah oleh Sevilla saat Mourinho membawa Roma lolos ke final untuk dua tahun berturut-turut.

AS Roma Terakhir Kali Juara Serie A Tahun 2001

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Sementara itu di level liga domestik, La Lupa sudah menjadi juara dan merebut Scudetto tiga kali, yakni 1942, 1983 dan terakhir kalinya terjadi pada 2001.

Runner up klasemen Liga Italia berhasil direbut Roma sebanyak 14 kali, terakhir kalinya pada 2014, 2015, dan 2017.

Menjadi juara Coppa Italia sebanyak sembilan kali, namun terakhir kali terjadi pada 2007 dan 2008. Masuk ke final kompetisi piala domestik tersebut sebanyak delapan kali, terakhir kalinya terjadi pada 2010 dan 2013.

Roma lumayan berjaya di kompetisi Supercopa Italiana dengan menjadi juaranya sebanyak dua kali, pada 2001 dan 2007.