Juventus Menang Tipis Atas Fiorentina Berkat Gol Gatti dan Penyelamatan Szczesny

Juventus berhasil mengalahkan Fiorentina berkat gol tunggal Federico Gatti, ditambah penyelamatan luar biasa Wojciech Szczesny terhadap Nico Gonzalez dan tiga gol yang dianulir sepanjang pertandingan.

Kedua tim sama-sama meraih kemenangan pada leg pertama semifinal Coppa Italia pertengahan pekan, namun performa mereka di Serie A sedang buruk. Arkadiusz Milik masih cedera, sementara Dusan Vlahovic dan Federico Chiesa menghadapi mantan klub mereka. Fiorentina menurunkan skuat penuh.

Weston McKennie mencetak gol pada menit keenam, tetapi dianulir karena offside.

Juve kembali mencetak gol pada menit ke-12, namun sundulan Federico Gatti yang memanfaatkan umpan silang Filip Kostic membentur bagian bawah mistar. Bola rebound kemudian disambar Vlahovic, namun Gleison Bremer yang berdiri offside terlebih dahulu mengenai bola.

Pasangan Vlahovic dan Bremer kembali terlibat saat Juve akhirnya memecah kebuntuan. Sundulan Bremer dari sepak pojok memantul tiang jauh, dan Gatti dengan sigap menceploskan bola rebound dari jarak dekat.

Hebatnya, gol ketiga Juve kembali dianulir pada menit ke-32 karena McKennie dalam posisi offside ketika ia menanduk umpan silang Chiesa untuk Vlahovic yang kemudian menceploskan bola. Keputusan ini terbilang ketat, namun tertangkap VAR.

Fiorentina akhirnya mengancam gawang Juve melalui tembakan keras Rolando Mandragora yang diblok, dan sepakan Cristiano Biraghi dari rebound melebar tipis.

Christian Kouame diplot sebagai penyerang tengah di babak kedua. Fiorentina menguasai bola dan inisiatif serangan untuk waktu yang lama, namun Antonin Barak hanya mampu melepaskan tembakan tepat ke arah Wojciech Szczesny padahal ia memiliki ruang dan waktu yang cukup.

Justru Juve yang berbahaya lewat serangan balik. Umpan silang Kostic disundul Nikola Milenkovic, namun bola liar tersebut nyaris menjadi gol bunuh diri.

Kenan Yildiz yang baru masuk nyaris mencetak gol pada sentuhan pertamanya, namun digagalkan oleh Michael Kayode. Di sisi lain, Vlahovic gagal memanfaatkan umpan salah lawan di sepertiga akhir lapangan.

Fiorentina nyaris menyamakan kedudukan saat Nico Gonzalez melepaskan tembakan melengkung ke pojok atas gawang. Szczesny dengan sigap menepis bola ke bagian bawah mistar pada menit ke-74. Ini adalah kali ke-17 Fiorentina membentur mistar gawang musim ini, terbanyak di antara tim Serie A lainnya.

Fiorentina kembali kurang beruntung 10 menit kemudian. Szczesny menepis umpan silang mendatar ke jalur Lucas Beltran, namun tembakannya diblok oleh rekan setimnya, M’Bala Nzola, di kotak penalti.

Juve semakin bermain bertahan saat Fiorentina terus menekan. Namun, tembok pertahanan hitam-putih tersebut mampu bertahan. Kemenangan ini membawa Juventus unggul empat poin atas Bologna yang berada di peringkat keempat.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!