Kenangan Bola 2023, Napoli Rebut La Scudetta Dengan Selisih 16 Poin!

Gila Bola – Napoli dengan bantuan Victor Osimhen merebut La Scudetta pada akhir 2022/23 dengan jarak nilai sebanyak 16 poin jauhnya dibandingkan tim urutan kedua, Lazio. Partenopei 90 poin, Biancocelesti 76.

Itu merupakan kali pertama Napoli merebut gelar juara sepak bola Italia setelah dua gelar yang pernah dimenangkannya di era Diego Maradona pada 1987 dan 1990.

Meski terasa sangat banyak, namun perolehan 90 poin pasukan Luciano Spalletti itu masih jauh dari rekor jumlah nilai terbanyak yang pernah dikumpulkan oleh juara Serie A. Juventus masih menjadi kolektor nilai terbanyak dengan 102 poin pada akhir 2013/14.

Napoli Kuasai Serie A Sejak Awal Musim 2022/23

Berbeda dengan penampilan pada 2023/24 saat mana Partenopei terperosok ke urutan ketujuh klasemen sementara Serie A, maka musim kemarin merupakan salah satu musim terbaik klub asal kota Naples itu.

Sudah sejak pekan pertama tim aruhan Spalletti itu menguasai klasemen. Mereka memenangkan dua pekan pertama kompetisi dengan skor besar, 2-5 di Hellas Verona dan 4-0 atas tamunya Monza.

Dua hasil imbang pada pekan ketiga dan keempat sempat menjatuhkan ranking Napoli ke urutan empat, sebelum pulih dengan beberapa kemenangan penting.

Osimhen dan rekan-rekannya kemudian menang 1-2 di Lazio, kemudian 1-2 di Milan dan unggul 3-1 atas Torino.

Napoli tidak terkalahkan sejak awal September 2022 itu sampai dengan jeda musim dingin pertengahan November, menjelang dimulainya Piala DUnia 2022 di Qatar.

Namun tim biru itu kemudian memulai laga pertama di 2023 dengan kekalahan 1-0 di Inter, sebelum menang besar 5-1 atas Juventus pada 13 Januari tahun yang baru dan 2-1 atas AS Roma.

Posisinya di klasemen Liga Italia sudah tidak pernah turun lagi dari urutan satu sejak September sampai akhir musim 2022/23 tersebut. Merupakan salah satu dominasi paling tidak terbantahkan dalam sejarah kompetisi itu.

Victor Osimhen Top Skor Musim 2022/23 Itu

Dominasi juga ditunjukkan oleh bintang mereka Victor Osimhen, yang tampil sebagai top skor kompetisi dengan jumlah 26 gol, jauh di atas top skor Inter Lautaro Martinez dengan 21 gol.

Di bawah mereka ada sejumlah bintang lain seperti Boulaye Dia Salernitana dengan 16 gol, juga Rafael Leao Milan dengan 15 gol, serta tiga pemain dengan koleksi 13 gol, yakni Ademola Lookman Atalanta, Olivier Giroud Milan dan M’Bala Nzola Spezia.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!