Wafat, Silvio Berlusconi Tinggalkan Kenangan Manis di AC Milan dan Monza

Gila Bola – Kabar duka datang dari sepak bola Italia. Eks pemilik klub AC Milan, Silvio Berlusconi meninggal dunia, Senin (12/6) pagi waktu setempat.

Laporan Silvio Berlusconi meninggal dunia berdasarkan pemberitaan media di Italia. Football Italia menyebutkan Berluconi meninggal dunia di Rumah Sakit San Raffaele, Milan. Ia wafat di usia 86 tahun.

Sebelum dinyatakan meninggal dunia, Silvio Berlusconi memang telah dirawat. Ia diketahui mengidap penyakit leukemia. Namun semasa hidupnya ia memiliki catatan yang mentereng di sepak bola bersama AC Milan maupun Monza.

Dua klub Liga Italia dipegang oleh Silvio Berlusconi berhasil berjaya dan bersaing di kompetisi Serie A serta Eropa. Di bawah ini catatan manisnya bersama si kulit bundar.

Bawa AC Milan Berjaya 

Ya, nama Silvio Berlusconi mulai dikenal luas pecinta sepak bola ketika memimpin AC Milan dari 1986 sampai 2017. Ia mampu membuat Milan dari yang biasa menjadi tim yang luar biasa di Liga Italia maupun Eropa.

Buktinya di era kepemimpinan Berlusconi, AC Milan berhasil meraih 29 trofi di mana 8 di antaranya memenangkan gelar Liga Italia dan 5 menjuarai trofi Liga Champions. Hal ini pun membuat Rossoneri tetap diperhitungkan setiap musimnya dalam perburuan gelar.

Silvio Berlusconi juga mendatangkan pelath berkelas, yakni Arrigo Sachi. Di bawah polesannya, Milan juarai 8 gelar. Nama-nama pemain top juga berhasil diboyong seperti Marco van Basten, Roberto Baggio hingga Goerge Weah.

Monza Langsung Tancap Gas

Setelah berhasil membuat AC Milan menjadi monter di Eropa, Silvio Berlusconi mengakhirinya di tahun 2018 dan kemudian ia membeli klub kasta ketiga Liga Italia, Monza.

Menariknya, Monza tak butuh waktu lama d mana cuma empat tahun, Silvio Berlusconi berhasil membawa mereka promosi ke Liga Italia 2022/23. Sepanjang sejarah klub, itu pertama kali mereka promosi ke kasta tertinggi sepak bola Italia.

Meski baru pertama kali, tetapi Monza tegaskan bukan sebagai tim pemanis di Serie A. Buktinya, Monza mampu bersaing dan sukses finis di peringkat ke-11 Liga Italia musim ini. Sementara itu, dengan meninggalnya Silvio Berlusconi, nama stadion dikabarkan bakal diubah.

Sisi Lain Silvio Berlusconi

Nam Silvio Berlusconi memang melekat sebagai pemilik klub sepak bola. Dua klb seperti AC Milan maupun Monza dibuatnya berhasil. Namun ia rupanya juga berkecimpung di Pemerintahan Italia.

Ya, dibalik kecintaan pada sepak bola Silvio Berlusconi ternyata juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Italia. Ia memimpin Italia tiga kali antara 1994 dan 2011.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!