Franz Beckenbauer Meninggal Dunia, dan Kontribusi Sang Legenda Bagi Sepak Bola Dunia

Gila Bola – Sang legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer, telah meninggal dunia di usia 78 tahun, hidupnya ia dedikasikan sepenuhnya untuk dunia sepak bola dan berikut sejumlah prestasi yang pernah ia catatkan sepanjang karirnya.

Franz Beckenbauer, yang dijuluki “Der Kaiser” atau sang Kaisar ini merupakan legenda sepak bola Jerman.

Dalam perjalanan karirnya sebagai pemain, Beckenbauer pernah memimpin Jerman Barat (yangsaat itu masih belum bersatu dengan Jerman Timur) meraih sukses dengan membawa negaranya meraih gelar juara Piala Dunia 1974 dan juga Piala Eropa 1972. Beckenbauer juga pernah dua kali meraih trofi Ballon d’Or, yaitu pada edisi 1972 dan 1976.

Usai pensiun sebagai pemain, ia kemudian melanjutkan hidupnya masih di lapangan sebagai pelatih, dan di bidang ini pun ia terbilang sangat disegani. Beckenbauer berhasil skuad Jerman Barat memenangkan Piala Dunia 1990 dan mencapai babak final Piala Eropa 1996.

Keterlibatannya di Piala Dunia sebagai pemain dan pelatihlah yang menjadikannya unik dan tak semua orang bisa melakukannya. Gaya bermainnya sebagai sweeper dan kontribusinya di pinggir lapangan menjadikannya sebagai ikon sepak bola dunia, namanya melegenda!

Kecerdasan Beckenbauer di lapangan tidak hanya melulu soal memenangkan gelar, tapi juga tentang keanggunan, gaya, dan inovasi yang dibawanya ke dalam lapangan.

Sebagai pemain, ia menjadi orang yang mendefinisikan kembali peran seorang pemain belakang, menciptakan posisi sweeper serang.

Langkah panjangnya yang kuat dari pertahanan tengah, sebelumnya tidak pernah terlihat dalam sepak bola, itu menjadi salah satu ciri khasnya. Ia menggabungkan keanggunan dengan sedikit sentuhan arogansi, menguasai lapangan dalam setiap gerakannya.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Untuk melihat semua prestasinya tak akan cukup kami tampilkan dalam satu edisi artikel ini saja, tapi setidaknya mari kita lihat beberapa prestasi yang membuat namanya terkenal sebagai pemain dan juga pelatih di seluruh dunia.

Sebagai Pemain

  • Juara Piala Dunia FIFA (1974): Beckenbauer memenangkan Piala Dunia bersama Jerman Barat sebagai kapten tim pada tahun 1974. Ia juga menjadi salah satu pemain kunci dalam kemenangan tersebut.
  • Juara Piala Eropa UEFA (1972): Beckenbauer berhasil memenangkan Piala Eropa bersama timnas Jerman Barat pada tahun 1972, membuktikan dominasinya di tingkat internasional.
  • Trofi Ballon d’Or (1972, 1976): Beckenbauer dua kali meraih penghargaan Ballon d’Or sebagai pemain terbaik di dunia pada tahun 1972 dan 1976.

Sebagai Pelatih

  • Juara Piala Dunia FIFA (1990): Setelah sukses sebagai pemain, Beckenbauer juga meraih kesuksesan sebagai pelatih timnas Jerman Barat yang memenangkan Piala Dunia FIFA pada tahun 1990 di Italia.
  • Juara Piala Eropa UEFA (1996): Beckenbauer menjadi manajer timnas Jerman yang mencapai final Piala Eropa UEFA 1996, menunjukkan keunggulannya sebagai pelatih.
  • Juara Piala Konfederasi FIFA (2005): Beckenbauer memenangkan Piala Konfederasi FIFA sebagai pelatih timnas Jerman pada tahun 2005, menambah daftar prestasinya yang mengesankan.

Kontribusi di Dunia Sepak Bola

  • Reputasi sebagai seorang Sweeper: Beckenbauer dikenal sebagai salah satu pemain terbaik dalam peran sweeper di lapangan. Gaya bermainnya yang cerdas dan teknis membuatnya menjadi panutan banyak generasi pemain hingga saat ini.
  • Sebagai Pemain dan Pelatih: Beckenbauer adalah satu-satunya orang yang berhasil memenangkan Piala Dunia baik sebagai pemain (1974) maupun pelatih (1990).
  • Pengakuan Sebagai Ikon Sepak Bola: Beckenbauer dihormati sebagai salah satu ikon sepak bola Jerman dan dunia, dengan kontribusinya yang luar biasa baik di lapangan maupun sebagai pelatih.