Tantangan Berat Menanti Xabi Alonso di Bayer Leverkusen

Xabi Alonso siap dengan tantangan latih Bayer Leverkusen yang penuh dengan resiko.

Bayer Leverkusen akhirnya mendepak Gerardo Seoane. Petinggi klub menggantikannya dengan Xabi Alonso dan diharapkan bisa mendongkrak posisi tim dari papan bawah Liga Jerman.

Tim berjuluk Werkself biasanya berada di papan atas Liga Jerman dan kerap bermain di pentas Eropa. Tapi awal musim 2022/23, performa mereka benar-benar buruk.

Dengan hasil jeblok di Liga Jerman, Bayer Leverkusen sekarang harus puas berada di posisi ke-17 klasemen Bundesliga 2022/23. Tercatat mereka baru menang 1 kali dari delapan kali bertanding. Kesabaran klub pada Gerardo Seoane habis setelah mereka kalah lagi di Liga Champions kontra FC Porto dengan skor 2-0.

Sempat diberitakan bakal mendatangkan Thomas Tuchel, tetapi akhirnya Werkself memilih memperkerjakan Xabi Alonso. Dia ditunjuk sebagai pelatih anyar, Rabu (5/10) waktu setempat. Jika melihat rekam jejak kepelatihannya, dia belum pernah memoles sebuah klub tim utama.

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT

Alonso tercatat sebelumnya baru menangani tim seperti Real Sociedad B dan Real Madrid junior, yang levelnya tentu berbeda. Jika melihat kondisi Bayer Leverkusen saat ini jelas akan jadi pekerjaan yang berat untuk juru taktik berusia 40 tahun. Apalagi mereka saat ini berada di zona merah Liga Jerman.

Sedangkan jika gagal memberikan hasil positif ada kemungkina bisa terdegradasi. Meski hadapi tantangan berat, tetapi Xabi Alonso siap melatih Bayer Leverkusen yang penuh dengan beresiko.

Dikutip Sportsmax, sang pelatih paham betul jika menangani tim besar yang sedang tak oke ada banyak resiko. Tapi dia tegaskan sangat optimis bisa mengatasinya dan bersemangat untuk membawa Bayer Leverkusen kembali ke papan atas dan meraih hasil positif.

Walaupun begitu, Xabi Alonso juga meminta waktu ke fans dan klub untuk menerapkan kepelatihannya ke pemain Bayer Leverkusen. Dia juga mengungkapkan alasannya memilih melatih tim Liga Jerman karena punya modal ketika aktif bermain pernah berkarier di Bayern Munchen dan dia harap dapat membantunya.

Pelatih sepak bola yang pernah bermain untuk Liverpool ini dikontrak Bayer Leverkusen sampai Juni 2024.

Ujian pertama Xabi Alonso adalah saat Bayer Leverkusen melawan Schalke di BayArena, Sabtu (8/10) malam WIB. Akankah dia bisa persembahkan kemenangan? Menarik kita tunggu.

BANDARTOGEL77
IBOSport

Klasemen Bundesliga

SebelumnyaPiala Dunia 2022 Jadi yang Terakhir untuk Lionel Messi!
SelanjutnyaJelang Piala Dunia 2022, Timnas Inggris Dapat Ultimatum Soal Jude Bellingham