Alasan 4 Tim LaLiga Ditaruh Sebagai Unggulan Drawing 16 Besar Liga Champions

Gila Bola – Drawing 16 besar Liga Champions akan dimulai sebentar lagi pada Senin sore (18/12). Tahu gak alasan, mengapa ada empat tim asal LaLiga ditaruh sebagai unggulan untuk acara drawing petang ini?

Ada delapan tim unggulan dan delapan tim bukan unggulan. Tim-tim unggulan adalah Arsenal (Inggris), Atl├ętico Madrid (Spanyol), Barcelona (Spanyol), Bayern Munchen (Jerman), Borussia Dortmund (Jerman), Manchester City (Inggris), Real Madrid (Spanyol), dan Real Sociedad (Spanyol).

Sementara itu delapan tim bukan unggulan mencakup FC Copenhagen (Denmark), Inter (Italia), Lazio (Italia), RB Leipzig (Jerman), Napoli (Italia), PSG (Perancis), Porto (Portugal), dan PSV Eindhoven (Belanda).

Mengapa Empat Tim LaLiga Masuk Daftar Unggulan?

Ya itu sangat jelas, karena empat tim itu menjadi juara-juara grup mereka masing-masing. Real Madrid, misalnya, menjadi juara Grup C dengan angka sempurna enam kemenangan dari enam laga.

Di Grup C ini tergabung juga Napoli dari Serie A, Braga dari Portugal yang hanya meraih nilai empat dan akan turun kasta ke Liga Europa, serta Union Berlin yang tidak kebagian apa-apa.

Real Sociedad menjadi juara Grup D dalam kelompok yang juga terdiri dari Inter, finalis UCL musim 2022/23 kemarin, Benfica yang akan pergi ke kompetisi kedua dan Red Bull Salzburg yang pulang tanpa oleh-oleh apa pun.

Demikian juga Atletico Madrid masuk daftar unggulan karena menjadi juara di Grup E setelah mengumpulkan 14 poin yang sangat superior dibandingkan tim urutan kedua Lazio (10), Feyenoord (6) yang turun ke kompetisi kelas kedua, dan Celtic yang akan libur dari kompetisi Eropa.

Barcelona merupakan wakil LaLiga lainnya di daftar unggulan drawing 16 besar karena menjadi juara Grup H usai mengungguli FC Porto di urutan kedua yang sama poin tapi kalah head-to-head. Lalu ada Shakhtar Donetsk yang cuma memiliki 9 poin di urutan ketiga, serta Royal Antwerp pada posisi keempat.

Tidak Semua Tim LaLiga Tampil Gemilang Musim Ini

Ada Sevilla di Grup B yang gagal mendapatkan remah-remah apa pun dari kue kekuasaan Liga Champions.

Tim yang diperkuat bekas bek tengah Real Madrid, Sergio Ramos, hanya menduduki urutan keempat Grup B yang mengirim mereka pulang tanpa tiket apa pun. Padahal musim kemarin Sevillistas adalah juara dari kompetisi kedua, Liga Europa.

Aturan Drawing 16 Besar Liga Champions

Ada dua aturan penting untuk drawing 16 besar Liga Champions. Satu, yang mungkin kamu sudah tahu, tim asal asosiasi yang sama tidak akan bertemu satu sama lain di tahap ini.

Ambil contoh misalnya Real Madrid. Tidak akan ada pasalnya tim putih itu bisa bertemu dengan musuh besarnya Barcelona di tahap 16 besar ini.

Aturan kedua, yang sama kuatnya dengan aturan pertama adalah, dua tim asal grup yang sama juga tidak bisa dipertemukan untuk drawing tahap ini. Jadi, misalnya Real Sociedad dan Inter yang sama-sama berasal dari Grup D tidak akan bisa saling tekel untuk tahap 16 besar ini.