Bagian dari Usaha Menjegal Klub Pangeran Arab di Liga Champions

Gila Bola – Perayaan luar biasa Newcastle United di laga kandang terakhirnya musim lalu disambut tangisan para pendukung. Itu karena hasil imbang 0-0 kontra Leicester City pada pekan 37 tersebut memastikan mereka lolos ke Liga Champions.

Tetapi kini setelah menyadari diri mereka masuk ke dalam grup neraka Liga Champions, hanya ada sedikit saja keyakinan bahwa mereka akan berhasil menembus babak sistem gugur. The Magpies tergabung satu grup dengan juara Perancis PSG, runner-up Bundesliga Borussia Dortmund dan semifinalis UCL musim lalu AC Milan.

Padahal ini merupakan kali pertama Newcastle United lolos ke kompetisi elit Eropa itu setelah menunggu selama 21 tahun. Terakhir kalinya lolos terjadi pada musim 2002/03.

Jejak Musuh-musuh Newcastle United di Grup F UCL

Musuh paling berat Newcastle di Grup F UCL musim ini tentu saja adalah AC Milan. Tahu alasannya?

Rossoneri adalah juara tujuh kali kompetisi Eropa ini di masa lalu, dan 11 kali masuk ke final. Namun, terakhir kali Milan menjadi juara Liga Champions terjadi pada 2007 saat menang 2-1 atas Liverpool di Stadion Olimpiade di Athens Yunani.

Kedua paling berat mungkin adalah Borussia Dortmund yang sudah pernah menjadi juara satu kali pada 1997, mengalahkan Juventus, dan masuk final satu kali pada 2013 tetapi dikalahkan musuh besarnya Bayern Munchen.

Meski begitu PSG baru seawal edisi 2020 lolos ke final dan kalah di tangan Die Roten melalui gol Kingsley Coman. Dalam perjalanan ke final, Les Parisiens menyingkirkan Dortmund, Atalanta dan RB Leipzig. Jadi, mungkin mereka lebih berbahaya kali ini daripada BVB.

Jadwal Newcastle United di Liga Champions Kali Ini

Klub bermarkas di Saint James’ Park ini naik pesat sejak diambil alih oleh Pangeran Muhammad bin Salman Al Saud.

Pengambilalihan terjadi pada Oktober 2021 dan mereka naik dari posisi 19 atau zona degradasi saat pembelian itu, untuk mengakhiri musim 2021/22 itu pada urutan 11 klasemen Liga Inggris.

Performa lebih baik ditampilkan skuad arahan Eddie Howe itu pada musim 2022/23 saat mereka mengakhiri musim pada posisi keempat, atau dengan kata lain lolos sampai ke Liga Champions.

The Magpies akan tandang ke San Siro untuk laga perdana Grup F pada 19 September 2023, sebelum mereka menyambut kedatangan PSG pada matchday kedua 4 Oktober nanti. Dua laga pertama grup ini akan sangat menentukan nasib Newcastle United.

Miguel Almiron dan rekan-rekannya akan menyambut kedatangan Borussia Dortmund pada 25 Oktober sebelum berbalik berkunjung ke Westfalenstadion pada 7 November.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!