Barcelona Berharap Tiga Pemain Kuncinya Pulih Jelang Tandang ke Naples

Gila BolaBarcelona berpeluang kembali diperkuat tiga pemainnya yang semula cedera di pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Napoli pada 22 Februari 2024.

Barcelona cukup beruntung dalam drawing fase grup Liga Champions, karena mereka ‘hanya’ bertemu Porto, Shakhtar Donetsk dan Royal Antwerp. Dampaknya, Barca melesat dengan cepat di fase grup mereka, setelah tersingkir ke Liga Europa dua musim berturut-turut.

Memenangkan gelar La Liga memang benar-benar membantu Xavi Hernandez untuk membawa timnya kembali bertarung di kompetisi bergengsi tim-tim papan atas Eropa tersebut.

Meski demikian, Barcelona tetap harus berjuang. Pasalnya, di posisi teratas Grup H, Barca kantongi poin sama dengan Porto yang berada di urutan kedua – dengan 12 gol, dan hanya unggul berdasarkan penampilan head-to-head.

Namun, tugas berat yang sebenarnya baru akan dimulai pada 22 Februari, saar Barca tandang ke Stadion Diego Armando Maradona di kota Naples. Baru kemudian leg keduanya akan berlangsung di Catalan pada pertengahan bulan Maret.

Dengan adanya delapan pemain yang cedera, Xavi tentunya berharap banyak pemain kunci yang akan pulih dari cedera mereka jelang leg pertama. Empat di antara pemain ini dipastikan absen di laga tersebut, salah satunya diragukan, dan tiga di antaranya diperkirakan akan benar-benar pulih jelang tandang ke Napoli.

Pemain Barcelona yang Masih Absen:Gavi, Balde, Torres, Alonso

Gavi mengalami cedera ACL saat ia bertugas di Timnas Spanyol, dan sudah dipastikan menepi di sisa musim ini. Partisipasinya di Euro 2024 juga diragukan, tapi bukan itu prioritas di Barca saat ini.

Sementara Alejandro Balde, mengalami cedera hamstring menyusul cedera yang dialaminya di laga melawan Athletic Bilbao di Piala Super Spanyol. Bek kiri usia muda itupun harus absen di sisa musim ini.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Ferran Torres menjadi pemain terakhir dari delapan pemain Barca yang mengalami cedera, setelah ia cedera di awal laga melawan Osasuna pekan lalu. Sementara ini hanya ada sedikit kans baginya untuk kembali tepat waktu jelang laga melawan Napoli, dan partisipasinya di laga inipun telah diabaikan.

Terakhir, Marcos Alonso, yang terakhir kali membela Barca di laga melawan Shakhtar di bulan November, dan Barca kalah 0-1. Dia sudah absen akibat masalah punggung sejak awal bulan Desember, dan diperkirakan baru akan bermain lagi pada bulan Maret 2024.

Pemain Barcelona yang Diragukan Bisa Turun di Napoli: Joao Felix

Joao Felix mengalami cedera engkel dalam sebuah sesi latihan pada akhir bulan Januari, dan diperkirakan akan absen selama satu bulan. Namun, sejumlah laporan menyatakan bintang asal Portugal itu akan lakukan upaya terbaik untuk pulih tepat waktu, jelang laga di Napoli. Dan, sejauh ini, ada optimistis mengenai akan kembalinya Felix dalam waktu dekat ini.

Pemain Barcelona yang Sudah Benar-benar Pulih: Marc-Andre ter Stegen, Raphinha, Roberto

Barangkali yang paling penting dari itu semua adalah, absennya Marc-Andre ter Stegen telah benar-benar merugikan tim Catalan tersebut, di mana penampilan Inaki Pena masih jauh dari kemungkinan dirinya mengambil alih tugas sebagai kiper utama Blaugrana.

Ter Stegen mengalami cedera punggung di pertengahan bulan November, dan harus jalani operasi. Dia seharusnya bisa kembali bermain saat Barca menjamu Granada pada 12 Februari 2024.

Sementara Raphinha, dia mengalami cedera otot untuk kedua kalinya pada musim ini, di mana kali ini terjadi di sela-sela pertandingan melawan Osasuna di semifinal Piala Super Spanyol.

Dia sudah hampir pulih, dan bisa masuk dalam daftar skuad di laga akhir pekan ini. Tentunya hal ini bisa mengurangi tekanan yang dialami Lamine Yamal.

Terakhir, Sergi Roberto menjadi salah satu dari pemain terakhir yang alami cedera otot musim ini. Dia juga diperkirakan sudah bisa kembali bermain di laga melawan Granada, tapi kehadirannya di kandang Napoli kemungkinan besar tak akan berpengaruh.