Barcelona Cuma Butuh Imbang, Malah Kalah Kontra Tim Tanpa Kandang

Gila Bola – Barcelona menelan kekalahan pertamanya di ajang Liga Champions musim 2023/24 saat mereka dikalahkan oleh tim yang sudah hampir 10 tahun terakhir tak punya kandang, Shakhtar Donetsk, tadi malam.

Danylo Sikan, pemain Ukraina berumur 22 tahun yang 10 tahun lalu masih belum paham benar mengapa Shakhtar harus mengungsi dari stadion kandangnya di Donbas Arena, mencetak satu-satunya gol.

Ia merayakan golnya dengan menirukan gaya Jude Bellingham, pemain yang menyakiti hati Barca dalam perjumpaan El Clasico terakhir kalinya dengan dua golnya.

Tidak ada gol balasan dari pasukan Xavi itu, menyebabkan empat tim di Grup H Liga Champions ini seluruhnya masih bisa lolos ke tahap penyisihan grup.

Barcelona Cuma Punya Satu Shot on Target ke Gawang Shakhtar

Tim asal Ukraina itu, yang terpaksa menggunakan Volksparkstadion di kota Hamburg di Jerman sebagai kandangnya pada laga Rabu dinihari (8/11), sadar bahwa percuma main dominasi bola melawan raksasa La Liga ini.

Jadi mereka membiarkan Barca menguasai bola sampai 64 persen selama 90 menit dan mengincar serangan balik. Tercatat empat serangan on target dari pihak tuan rumah, satu menjadi gol.

Shakhtar berhasil meredam serangan-serangan tim tamu sehingga Robert Lewandowski dan rekan-rekannya hanya memiliki satu saja serangan on target selama 90 menit meskipun memiliki 12 percobaan gol, berbanding delapan dari pihak tuan rumah.

Jadilah serangan tepat sasaran dari pihak tuan rumah yang kalah dominasi bola jauh lebih banyak daripada tim tamu. Empat berbanding satu.

Xavi berusaha menolong nasib timnya dengan memasukkan empat pemain sekaligus, termasuk Joao Felix yang sebenarnya sedikit diragukan akibat cedera. Tiga lainnya adalah Lamine Yamal, Alejandro Balde, dan Pedri. Menyusul kemudian Fermin Lopez sembilan menit jelang akhir.

Namun pertahanan kuat tim Ukraina itu selama beberapa belas menit terakhir pertandingan menyebabkan Barca gagal menemukan gol balasan. Skor 1-0 bertahan sampai akhir.

Posisi Klasemen Grup H Usai Kekalahan Barca

Tim La Liga itu masih menduduki posisi pertama grup dengan nilai 9, tetapi kini terancam akan dikejar oleh FC Porto (6) dan juga Shakhtar (6) di bawahnya.

Ini sekaligus merupakan balas dendam untuk kekalahan 2-1 di kandang Blaugrana pada matchday ketiga.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!