Bekas Pemain Barcelona Cetak Gol di Liga Champions Tadi Malam, Selamatkan Timnya

Gila Bola – Dari semua laga-laga Liga Champions tadi malam, satu menarik perhatian. Bekas pemain Barcelona ini mencetak satu gol bagi timnya saat tandang di Rangers, yang menyebabkan skor sama kuat 2-2 menjelang leg kedua pekan depan di kandangnya sendiri.

Luuk de Jong pernah membela Barcelona pada satu musim 2021/22 sebagai pemain pinjaman asal Sevilla, mencetak enam gol bagi Blaugrana, namun kontraknya tidak diperpanjang atau dibuat permanen.

De Jong kemudian melakukan transfer ke PSV Eindhoven yang dulu pernah dibelanya selama lima musim sejak 2014 sampai 2019. Kini pada laga play-off Liga Champions musim yang baru, ia menyelamatkan tim Belanda itu dengan golnya pada menit 80.

Apa Dampak Gol Luuk de Jong Tersebut?

Gol si pemain Belanda pada pertandingan Rabu dinihari (23/8) itu berdampak sangat besar karena dengan demikian Eindhoven berhasil memaksakan hasil imbang lawan Rangers dengan skor agregat dari hasil leg pertama di Ibrox Stadium berakhir 2-2.

Leg kedua play-off akan berlangsung di kandangnya sendiri di Philips Stadion pekan depan, dan sebagai tuan rumah Eindhoven akan memiliki peluang lebih besar daripada tim Skotlandia itu untuk lolos ke penyisihan grup Liga Champions musim baru 2023/24.

Musim paling sukses PSV tercapai pada 2004/05 saat mereka berhasil melaju sampai ke babak semifinal, sebelum dihentikan oleh AC Milan pada empat besar.

Dua musim setelah itu, klub Belanda ini berhasil masuk sampai ke perempat final sebelum dihentikan oleh Liverpool. Sejak saat itu kesuksesan yang sama belum pernah terjadi lagi.

Jejak Luuk de Jong di Babak-babak Sebelumnya

Sebenarnya ini bukan kali pertama sang penyerang 32 tahun itu menyumbangkan jasa bagi PSV Eindhoven di kompetisi Eropa.

Pada leg kedua babak kualifikasi ketiga sebelum ini, ia mencetak satu gol dan menyumbangkan satu assist untuk kemenangan timnya 1-3 di kandang Sturm Graz, sebuah klub asal Austria.

Dan pada leg pertama sebelum itu, pada 8 Agustus 2023, ia melesakkan dua gol PSV dalam kemenangan 4-1 atas tim yang sama.

Apa Hasil-hasil Lainnya dari Play-off Liga Champions?

Royal Antwerp dari Belgia bermain dengan 10 orang saja selama hampir seluruh pertandingan setelah Jelle Bataille terkena kartu merah di awal paruh kedua. Namun mereka berhasil bertahan dari tekanan AEK Athens untuk menjaga skor akhir 1-0. Laga leg kedua akan berlangsung di Yunani pekan depan.

Sementara itu pada pertandingan lainnya, gol bunuh diri dari pemain Rumania Bogdan Racovitan menyebabkan Rakow kalah dari tamunya asal Denmark, FC Copenhagen, dengan skor 0-1.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!