Hasil Royal Antwerp vs Shakhtar Donetsk: Skor 2-3 di Grup H Liga Champions

Gila Bola – Pertandingan antara Royal Antwerp melawan Shakhtar Donetsk berjalan dramatis di matchday kedua Grup H Liga Champions 2023/2024 yang digelar di Bosuilstadion dan berakhir dengan skor 2-3.

Royal Antwerp unggul cepat saat laga baru berjalan tiga menit melalui gol Arbnor Muja dan Michel-Ange Balikwisha berhasil menggandakan keunggulan di menit 33. Namun di babak kedua keadaan berbalik total, Shakhtar Donetsk bangkit dan membalikkan keunggulan melalui gol-gol dari Danylo Sikan di menit 48 dan 76 serta gol dari Yaroslav Rakitskyi di menit ke-71.

Babak Pertama

Pertemuan pertama dalam kompetisi antara Royal Antwerp dan Shakhtar Donetsk menjadi momen bersejarah bagi kedua tim. Antwerp, yang belum pernah menghadapi lawan dari Ukraina sebelumnya, bertemu dengan tim asal Ukraina, Shakhtar Donetsk, dalam laga ini.

Pada awal pertandingan, Antwerp mampu mencetak gol cepat lewat aksi Arbnor Muja. Gol tersebut terjadi setelah Vermeeren berhasil merebut bola di tepi kotak penalti lawan dan kemudian melepaskan umpan kepada Muja, yang dengan cerdik memotong ke dalam dan menciptakan tendangan yang mengarah ke sudut bawah gawang, membuat skor menjadi 1-0 untuk tim tuan rumah di menit ke-3.

Namun, Shakhtar Donetsk tidak tinggal diam. Mereka mencoba membalas dengan keras dan hampir mencetak gol ketika Janssen melepaskan tembakan keras yang mengenai tiang gawang Antwerp. Gol tersebut tidak terwujud, tetapi Shakhtar terus memberikan tekanan.

Pada menit ke-33, Antwerp kembali mencetak gol, kali ini melalui aksi Michel-Ange Balikwisha. Vermeeren menjadi penyedia assist dengan mengirimkan umpan terobosan yang sempurna kepada Balikwisha. Pemain sayap ini kemudian menggiring bola melewati kiper Shakhtar, Riznyk, yang keluar dari gawangnya, dan mencetak gol dengan cengkeraman lembut, menjadikan skor 2-0 untuk Antwerp.

Meskipun sempat mendapat tekanan dari Shakhtar, Antwerp berhasil memperlambat permainan dan mengendalikan ritme pertandingan dengan menguasai bola di lini pertahanan mereka. Skor bertahan 2-0 untuk keunggulan tuan rumah saat memasuki jeda istirahat.

Antwerp benar-benar menguasai jalannya pertandingan ini. Mereka dengan mudah mempertahankan kendali atas bola dan tidak merasa tertekan oleh serangan Shakhtar.

Babak Kedua

Setelah jeda babak pertama, Shakhtar memulai babak kedua dengan semangat yang berbeda. Dan tak butuh lama, mereka berhasil mencetak gol melalui Sikan, mengubah kedudukan menjadi 2-1 di menit ke-48.

Gol tersebut terjadi setelah Shakhtar berhasil mempertahankan bola dengan baik, dengan satu tembakan yang mengenai tiang gawang. Tim tamu terus memberikan tekanan, dan bola akhirnya jatuh kepada Nazaryna di sisi kiri kotak penalti. Tembakannya bisa ditepis oleh Butez, tetapi bola melambung ke udara dan Sikan dengan kuat mencetak gol dengan sundulan ke gawang. Meskipun demikian, Antwerp masih memimpin dengan skor 2-1.

Sebelum jeda, Antwerp mendominasi pertandingan, tetapi situasinya berubah setelah babak kedua dimulai. Shakhtar Donetsk memainkan bola dengan percaya diri dan dengan sabar mencari celah dalam pertahanan lawan.

Di sisi lain, Antwerp juga memiliki kesempatan untuk mencetak gol, dengan Janssen dan Muja menjadi pemain yang menciptakan peluang berbahaya. Namun, mereka belum berhasil memanfaatkan peluang tersebut, dan skor masih tetap 2-1 untuk keunggulan Antwerp.

Namun pada menit ke-71, terjadi gol yang sangat penting dalam pertandingan ini. Rakitski berhasil mencetak gol yang membuat skor menjadi imbang 2-2. Gol ini terjadi setelah tendangan bebas Rakitski yang akurat menuju sudut bawah gawang lawan. Bola bergerak liar setelah membentur Balikwisha, sehingga menjebol ke dalam gawang yang kosong. Kiper lawan, Rutez, sudah bergerak ke arah lain sehingga tidak dapat menghentikan bola tersebut.

Gol ini membuat pertandingan semakin menarik karena kedua tim berusaha untuk mencetak gol penentu.

Dan pada menit ke-76, malapetaka bagi Royal Antwerp! Sikan berhasil mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini. Gol tersebut membuat Shakhtar unggul dengan skor 3-2.

Gol kedua Sikan terjadi setelah Butez, kiper Antwerp, keluar dari gawangnya untuk mencegah bola melintasi garis dan memberikan tendangan sudut kepada Shakhtar. Sayangnya, ia memantulkan bola langsung kepada Nazaryna dari Shakhtar. Nazaryna kemudian mengirimkan umpan melengkung ke Sikan, yang dengan tenang mencetak gol dengan sundulan ke gawang yang kosong.

Shakhtar mengambil alih kendali pertandingan, dan Antwerp harus mencari cara untuk menyamakan kedudukan lagi. Dan di masa injury time, Antwerp pun mendapatkan peluang emas melalui titik penalti usai handball yang dilakukan oleh Stepanenko. Sayangnya Toby Alderweireld gagal melesakkan bola ke dalam gawang!

Royal Antwerp akhirnya gagal mengejar ketertinggalan dan pertandingan ditutup dengan skor akhir 2-3 untuk kemenangan Shakhtar Donetsk atas Royal Antwerp.

Susunan Pemain

ANTWERP (4-1-4-1): Jean Butez; Jelle Bataille, Toby Alderweireld, Soumaila Coulibaly, Owen Wijndal; Mandela Keita; Michel-Ange Balikwisha, Arthur Vermeeren, Jurgen Ekkelenkamp, Arbnor Muja; Vincent Janssen. Cadangan: Ortwin De Wolf, Senne Lammens, Gyrano Kerk, Alhassan Yusuf, George Ilenikhena, Chidera Ejuke, Zeno Van Den Bosch, Anthony Valencia.

SHAKHTAR DONETSK (4-3-3): Dmytro Riznyk; Yukhym Konoplya, Mykola Matvienko, Yaroslav Rakitskyi, Irakli Azarov; Ehor Nazaryna, Taras Stepanenko, Heorhii Sudakov; Oleksandr Zubkov, Danylo Sikan, Dmytro Kryskiv. Cadangan: Artur Rudko, Denil Castillo, Eguinaldo, Marian Shved, Giorgi Gocholeishvili, Kevin Kelsy, Dmytro Chygrynskiy, Artem Bondarenko, Novatus Miroshi, Oleh Ocheretko, Eduard Kozik, Oleksii Kashchuk.

Klasemen

PosKlubMMenangSeriKalahGol+Gol-POIN
1Porto1100233
2Barcelona1100533
3Shakhtar2101-133
4Antwerp2002-600

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!