Hasil Liga Champions: Tiga Tim Lagi Menyusul Masuk Tahap Grup

Gila Bola – Dalam waktu 42 jam lagi drawing Liga Champions akan dimulai dan inilah tiga tim terbaru yang masuk ke tahap grup. Satu merupakan juara Piala Super Eropa tahun 2000, satu pembunuh Manchester United musim 2021/22 dan satu lagi finalis Liga Europa 2011.

Dari hasil-hasil play-off Liga Champions tadi malam, sudah bisa dipastikan ada tiga tim yang menyusul masuk ke tahap penyisihan grup Liga Champions 2023/24. Mereka adalah Galatasaray asal Turki, Young Boys asal Swiss dan SC Braga dari Portugal.

Galatasaray mengalahkan Molde FK 2-1, agregat 5-3 setelah leg pertama berakhir 3-2. Young Boys menaklukkan Maccabi Haifa asal Israel 3-0, agregat sama 3-0. Sedangkan SC Braga menang 0-1 atas Panathinaikos Yunani sehingga skor agregat 1-3 bagi keunggulan tim Portugal itu.

Galatasaray Menang 5-3 Agregat atas Molde FK

Tim paling terkenal dari tiga tim yang bertanding tadi malam tentu saja adalah Galatasaray asal Turki. Mereka menang 2-1 atas Molde FK, dan lolos ke tahap selanjutnya dengan skor agregat 5-3.

Gol pertama Galatasaray dilesakkan oleh Mauro Icardi, bekas kapten Inter dan pemain PSG, sebelum dibalaskan oleh Eirik Hestad pertengahan babak kedua. Namun Angelino menambah satu gol lagi.

Itu merupakan gol kedua Icardi dari dua leg pertandingan lawan Molde, dan seluruhnya mencapai tiga gol jika memperhitungkan satu gol di tahap sebelumnya melawan NK Olimpija Ljubljana.

Meskipun Galatasaray tampil luar biasa dominan dalam hal penguasaan bola, sampai 62 persen, tetapi sebenarnya tim Turki yang juga diperkuat oleh Dries Mertens itu kalah agresif dalam hal percobaan gol. Ada 11 upaya gol oleh tim tamu, tiga tepat sasaran ke gawang Fernando Muslera, satu menjadi gol.

Sang raksasa Turki, Galatasaray, pernah menjadi juara Piala Super Eropa pada tahun 2000. Tahu mengalahkan siapa di partai final? Real Madrid. Yang tidak percaya pada hal ini, silakan cek data sejarah final UEFA Super Cup 25 Agustus 2000.

Siapakah Young Boys dan Siapa Pula SC Braga?

Young Boys merupakan sebuah tim sepak bola asal Swiss. Jejak terakhirnya yang paling terkenal adalah ketika mereka mengalahkan Manchester United 2-1 pada laga Grup F musim 2021/22.

Itu merupakan satu-satunya kekalahan yang diderita skuad Ole Gunnar Solskjaer, saat Red Devils lolos sebagai juara grup, melaju ke 16 besar dan dihentikan Atletico Madrid pada tahap pertama dari sistem gugur ini.

SC Braga jika Anda masih ingat, pernah mencapai partai puncak kompetisi kedua Eropa Liga Europa pada 2010/11. Tahu siapa lawan mereka di final itu? Sesama tim Portugal FC Porto.

Menang atau kalah? Kalah lah. Braga takluk oleh sundulan kepala Radamel Falcao pada final yang dilangsungkan di Aviva Stadium di Dublin, Republik Irlandia, pada 18 mei 2011 tersebut.

Masih akan ada tiga tempat lagi tersedia di tahap grup, dengan laga-laga play-off lainnya akan dimainkan Kamis dinihari 31 Agustus.

Kapan Drawing Tahap Grup Liga Champions 2023/24?

Drawing tahap grup Liga Champions akan dilakukan Kamis 31 Agustus 2023 jam 11 malam WIB. Setelah makan waktu kira-kira satu jam, kita akan tahu siapa masuk ke grup mana, ketemu calon lawan siapa saja.

Sebanyak enam juara-juara liga dari enam liga elit Eropa ditempatkan sebagai unggulan, selain juara bertahan Manchester City serta juara Liga Europa Sevilla. Tidak ada wakil Inggris karena kebetulan City juga menjadi juara Premier League, sehingga juara Belanda Feyenoord naik kelas masuk ke Pot Pertama.

Nama-nama besar yang mengerikan akan muncul di Pot Kedua. Mereka adalah Real Madrid, Manchester United, Inter, Borussia Dortmund, Atletico, RB Leipzig, FC Porto dan Arsenal.

Di manakah tempat Galatasaray, Young Boys dan Braga? Bergantung pada nilai koefisien UEFA yang mereka miliki. Satu akan menempati posisi di Pot Ketiga, sisanya di Pot Keempat.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!