Head-to-Head Real Madrid vs Borussia Dortmund: Sejarah Pertemuan dan Rekor

Gila Bola – Final Liga Champions UEFA musim 2023/2024 antara Real Madrid melawan Borussia Dortmund akan digelar di Stadion Wembley pada Minggu (2/6) dini hari WIB.

Sejarah panjang pertemuan kedua tim di Liga Champions menjanjikan laga yang penuh ketegangan dan momen-momen epik. Berikut adalah tinjauan lengkap rekor head-to-head mereka, serta hasil dari setiap pertandingan sebelumnya.

Sepanjang sejarah Liga Champions, Real Madrid dan Borussia Dortmund telah bertemu sebanyak 14 kali. Real Madrid memenangkan 6 pertandingan, sementara Dortmund memenangkan 3 pertandingan dan 5 laga berakhir imbang. Total gol yang dicetak oleh Real Madrid adalah 24 gol, sementara Dortmund mencetak 19 gol.

Fase Grup Musim 2017/18

Pada musim 2017/18, kedua tim bertemu di fase grup. Real Madrid berhasil menang dua kali:

  • Borussia Dortmund 1-3 Real Madrid : Di Jerman, Gareth Bale mencetak satu gol dan Cristiano Ronaldo menambah dua gol, memberikan kemenangan bagi Madrid.
  • Real Madrid 3-2 Borussia Dortmund : Di Spanyol, gol dari Borja Mayoral dan Ronaldo membuat Madrid unggul, namun Dortmund membalas dengan dua gol dari Pierre-Emerick Aubameyang sebelum Lucas Vázquez mencetak gol kemenangan

Fase Grup Musim 2016/17

Pada musim 2016/17, kedua pertandingan fase grup berakhir imbang:

  • Borussia Dortmund 2-2 Real Madrid : Madrid dua kali memimpin melalui Cristiano Ronaldo dan Raphaël Varane, tetapi Dortmund membalas melalui Pierre-Emerick Aubameyang dan André Schürrle.
  • Real Madrid 2-2 Borussia Dortmund : Karim Benzema mencetak dua gol untuk Madrid, tetapi Dortmund membalas dengan gol dari Aubameyang dan Marco Reus.

Perempat Final 2013/14

Pada perempat final musim 2013/14, Real Madrid menang agregat 3-2:

  • Real Madrid 3-0 Borussia Dortmund : Gareth Bale, Isco, dan Cristiano Ronaldo mencetak gol untuk kemenangan Real Madrid di leg pertama.
  • Borussia Dortmund 2-0 Real Madrid : Dortmund mempersempit defisit dengan dua gol dari Marco Reus, namun tidak cukup untuk melaju ke babak berikutnya.

Semifinal 2012/13

Dortmund mencapai final setelah menang agregat 4-3 di semifinal musim 2012/13:

  • Borussia Dortmund 4-1 Real Madrid : Robert Lewandowski mencetak empat gol dalam kemenangan besar di kandang.
  • Real Madrid 2-0 Borussia Dortmund : Madrid menang di leg kedua melalui gol dari Karim Benzema dan Sergio Ramos, tetapi gagal membalikkan defisit agregat.

Fase Grup 2012/13

Pada fase grup musim yang sama, Dortmund finis di atas Madrid:

  • Borussia Dortmund 2-1 Real Madrid : Lewandowski dan Marcel Schmelzer mencetak gol untuk Dortmund, sedangkan Ronaldo mencetak gol bagi Madrid.
  • Real Madrid 2-2 Borussia Dortmund : Gol dari Marco Reus dan gol bunuh diri memberikan Dortmund satu poin di Bernabeu.

Fase Grup 2002/03

Pada musim 2002/03 di fase grup kedua, Real Madrid menang sekali dan seri sekali:

  • Real Madrid 2-1 Borussia Dortmund : Gol dari Raúl González dan Ronaldo memberikan kemenangan bagi Madrid.
  • Borussia Dortmund 1-1 Real Madrid : Javier Portillo mencetak gol penyeimbang di menit ke-92 untuk Madrid.

Semifinal 1997/98

Real Madrid menyingkirkan juara bertahan Dortmund di semifinal:

  • Real Madrid 2-0 Borussia Dortmund : Gol dari Fernando Morientes dan Christian Karembeu di leg pertama di Santiago Bernabéu sangat krusial.
  • Borussia Dortmund 0-0 Real Madrid : Hasil imbang tanpa gol di leg kedua memastikan tempat bagi Madrid di final.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!