Prediksi Borussia Dortmund vs PSV Eindhoven, Leg Kedua 16 Besar UCL

Gila Bola – PSV Eindhoven bertekad untuk mencapai babak delapan besar kompetisi Liga Champions untuk ketiga kalinya musim ini, sebelumnya mereka berhasil melakukannya pada musim 2004/2005 dan 2006/2007, tetapi masih banyak tugas yang harus dilakukan saat mereka kembali bertanding dan kali ini ke markas klub Bundesliga, Borussia Dortmund.

Laga leg pertama sebenarnya bisa berakhir buruk bagi tim Eredivisie ini, beruntung merea diselamatkan oleh penalti Luuk de Jong di babak kedua yang menyamakan skor usai tertinggal oleh gol pembuka Donyell Malen pada menit ke-24 di Philips Stadion akhir Februari lalu.

Dengan gol balasan tersebut, De Jong melewati rekor Ruud van Nistelrooy untu menjadi pencetak gol terbanyak PSV dalam sejarah Liga Champions dengan total sembilan gol.

Donyell Malen juga menjadi pemain Belanda pertama yang mencetak gol melawan tim Belanda di fase gugur Liga Champions dan juga pemain pertama yang dalam setiap babak kompetisi mencetak gol sejak terakhir kali diclakukan oleh Arjen Robben untuk Bayern Munchen saat melawan PSV pada Oktober 2016.

Jadon Sancho kini telah terlibat langsung dalam delapan gol dalam 11 pertandingan di kandang untuk Dortmund di kompetisi ini dengan catatan empat gol dan empat assist, namun ini akan menjadi pertandingan pertamanya untuk Dortmund di Signal Iduna Park dalam ajang Liga Champions.

Pemain PSV, Olivier Boscagli, akan menjadi pemain kunci untuk menghadang serangan para pemain asuhan Edin Terzic, bek tengah itu memenangkan perebutan bola sebanyak 14 kali di leg pertama; yang terbanyak oleh seorang bek dalam pertandingan Liga Champions musim ini.

PSV kemungkinan besar tetap belum akan diperkuat oleh pemain depan serba bisa Noa Lang, Ismael Saibari dan Joey Veerman. Sementara skuad Edin Terzic juga memiliki masalahnya sendiri, Sebastien Haller, Samuel Bamba dan Guille Bueno masih berjuang dengan cedera, sementara bek Nico Schlotterbeck harus menjalani hukuman skorsing.

Dortmund berhasil mengatasi masalah cedera mereka yang bertambah banyak saat mengalahkan Werder Bremen melalui gol Sancho dan Malen, Marcel Sabitzer menerima merah sebelum paruh pertama berakhir di pertandingan Bundesliga terakhir mereka.

Head to Head Borussia Dortmund vs PSV Eindhoven

Dortmund tidak terkalahkan dalam ketiga pertemuan di kompetisi Eropa mereka melawan PSV dengan satu kemenangan dan dua hasil imbang, pertandingan kandang sebelumnya berakhir imbang 1-1 pada Oktober 2002.

Kabar buruknya bagi PSV adalah fakta bahwa mereka tidak pernah menang dalam 16 pertandingan tandang terakhir mereka melawan tim-tim Jerman dalam semua kompetisi dengan 3 hasil imbang dan 13 kekalahan, terakhir kali mereka menang adalah di tahun 1977 saat mengalahkan Eintracht Braunschweig.

PSV telah kalah dalam lima dari enam pertandingan melawan tim Jerman di Liga Champions, kecuali hasil imbang melawan BVB pada 2022.

Data dan Fakta Pertandingan

Hasil imbang 1-1 di Eindhoven di leg pertama adalah keenam kalinya yang terjadi dalam babak gugur kompetisi dan performa PSV di tahap ini juga tidak menggembirakan.

Sejak mengalahkan Monaco 2-0 di babak 16 besar musim 2004-05, PSV tidak pernah menang dalam enam pertandingan tandang terakhir mereka di babak gugur Liga Champions dengan tiga hasil imbang dan tiga kekalahan. Mereka telah tersingkir dalam tiga penampilan terakhir dan gagal menang di leg pertama pertandingan tandang maupun di kandang.

Sebaliknya, Dortmund tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan kandang Liga Champions terakhir mereka dengan empat kemenangan dan empat hasil imbang, kekalahan terakhir mereka dalam pertandingan terakhir melawan tim asal Belanda adalah saat kalah 3-1 melawan Ajax. Rentetan laga tak terkalahkan paling lama adalah antara Desember 1996 hingga September 1999 dengan sembilan laga tak terkalahkan.

Prediksi Skor Akhir

  • Borussia Dortmund diunggulkan untuk melaju ke perempat final Liga Champions UEFA, mengalahkan PSV dengan prosentase kemenangan sebesar 45,4%.
  • PSV tidak pernah menang dalam 16 pertandingan tandang terakhir mereka melawan tim-tim Jerman dalam semua kompetisi (S3 K13)
  • Dortmund berhasil melaju ke babak berikutnya di semua lima pertandingan babak gugur ketika menghindari kekalahan di luar kandang di leg pertama.
  • Prediksi Skor: Borussia Dortmund vs PSV Eindhoven 2-1.
advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!