RB Leipzig, Kisah Cinderella di Bundesliga dan Liga Champions

Gila Bola – Enam tahun lalu RB Leipzig baru pertama kalinya mencicipi kompetisi Eropa. Sejak saat itu mereka secara teratur lolos ke level benua, mencapai tahap semifinal Liga Champions pada 2020 dan semifinal Liga Europa 2022.

Leipzig merupakan contoh dongeng Cinderella di dunia sepak bola. Baru di tahun 2009 mereka membeli lisensi sepak bola milik SSV Markranstädt di divisi kelima sepak bola Jerman, sebelum secara bertahap naik setingkat demi setingkat dan menembus divisi Bundesliga pada 2016.

Hanya dalam satu musim di Bundesliga, dengan kekuatan dukungan finansial yang luar biasa oleh perusahaan minuman energi Red Bull, Leipzig menduduki posisi runner-up kompetisi Liga Jerman dan lolos sampai ke Liga Champions untuk musim pertamanya.

Perjalanan Leipzig di Kompetisi Liga Champions

Pada musim pertamanya lolos ke Liga Champions, 2017/18, Leipzig menduduki urutan ketiga grup dan terdegradasi ke Liga Europa untuk lolos sampai ke perempat final sebelum dihentikan oleh Marseille.

Musim keduanya di Eropa, 2018/19, mereka memulai kompetisi Liga Europa sejak babak kualifikasi kedua dan terhenti di babak penyisihan grup setelah menduduki posisi ketiga grup.

Untuk musim ketiganya 2019/2020, Leipzig mencapai mimpinya setelah lolos sampai ke semifinal sebelum ditaklukkan oleh PSG. Selama dua tahap penyisihan sistem gugur, mereka menyingkirkan Tottenham Hotspur dan juga Atletico Madrid.

Musim keempatnya 2020/21 terhenti di tahap 16 besar oleh Liverpool. Satu musim berikutnya turun lagi ke Liga Europa setelah menduduki posisi ketiga grup dan lolos sampai semifinal dengan mengalahkan Spartak Moscow dan Atalanta, sebelum dihentikan oleh Rangers.

Musim kelima, Leipzig dihentikan oleh Manchester City pada 16 besar kompetisi Liga Champions dengan skor 1-1 untuk leg pertama dan kekalahan telak 0-7 pada leg kedua permainan.

Leipzig Sudah Kehilangan Nkunku, Gvardiol, Szoboszlai

Apakah Leipzig akan berhasil mengulangi prestasi terbaiknya di Eropa setelah kehilangan pemain-pemain terbaiknya. Sudah tiga bintang meninggalkan Red Bull Arena hanya musim panas 2023 ini saja.

Tiga pemain bintang yang pergi itu adalah Josko Gvardiol ke Manchester City, Christopher Nkunku ke Chelsea dan Dominik Szoboszlai ke Liverpool.

Satu tahun sebelumnya mereka sudah kehilangan Hwang Hee-chan ke Wolves, Angelino ke TSG Hoffenheim, Alexander Sorloth ke Real Sociedad dan Tyler Adams ke Leeds United.

Kapan Laga RB Leipzig di Liga Champions?

Pasukan Marco Rose akan tandang ke tim asal Swiss, Young Boys, pada matchday pertama 19 September 2023.

Itu merupakan laga pertama Leipzig di Grup G Liga Champions musim baru 2023/24 ini, sebelum mereka menyambut kedatangan juara bertahan Manchester City pada matchday kedua pada 4 Oktober.

Dengan hanya skuad Pep Guardiola menjadi satu-satunya tim favorit itu di dalam Grup G ini, Willi Orban dan rekan-rekannya tidak akan sabar mencoba peruntungan untuk bisa lolos ke tahap sistem gugur.

Keberhasilan lolos sudah terjadi sebanyak lima kali dari enam musim terakhirnya di kompetisi Eropa. Satu tim lain yang kurang diperhitungkan di Grup G ini adalah Red Star Belgrade asal Serbia.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!