Real Madrid Hadapi Tantangan Berat Melawan Dortmund Tanpa Tchouameni

Gila Bola – Real Madrid akan bertanding tanpa Aurelien Tchouameni di final Liga Champions melawan Borussia Dortmund bulan depan. Lalu, bagaimana El Real bermain tanpa bintang lini tengah asal Perancis itu?

Diungkapkan Madrid Universal, final Liga Champions tinggal dua pekan lagi, tapi Madrid mendapat pukulan keras pekan lalu.

Salah satu pemain penting Los Blancos, Aurelien Tchouameni, mengalami cedera patah tulang di bagian kakinya pada pekan lalu dan diragukan bisa bermain di final melawan Dortmund tersebut.

Tchouameni memang telah menjadi andalan lini tengah tim asuhan Carlo Ancelotti itu musim ini. Ia punya kemampuan gemilang untuk lakukan transisi yang mulus antara lini tengah bertahan dan bek tengah, hingga berikan fleksibilitas taktis yang penting bagi tim.

Kini, absennya Tchouameni bisa melemahkan lini tengah Madrid, yang juga berimbas pada turunnya performa lini belakang.

Ini Skenario yang Bisa Dijalankan Real Madrid Tanpa Tchouameni

Sejauh terkait final Liga Champions, skenario yang paling mungkin dilakukan Ancelotti adalah, pivot lini tengah Toni Kroos dan Luka Modric.

Kedua pemain veteran ini tawarkan pengalaman dan kendali, meskipun tetap timbulkan kekhawatiran mengenai stabilitas lini pertahanan, terutama di saat Madrid harus hadapi serangan dinamis Die Borussen.

Eduardo Camavinga – satu lagi pemain muda asal Perancis, berpotensi dimainkan bersama-sama Kroos dan Modric di posisi tiga pemain lini tengah.

Ia harus ditempatkan sebagai gelandang bertahan, dan mendapat tanggung jawab untuk menghadang pemain kreatif Dortmund, seperti Julian Brandt.

Lini Pertahanan Real Madrid Bermasalah Tanpa Tchouameni

Namun, absennya Tchouameni dianggap akan sangat berdampak pada jantung pertahanan Madrid. Pasalnya, klub juga harus bermain tanpa David Alaba, sementara Eder Militao masih jauh dari 100 persen pulih.

Itulah mengapa Tchouameni hampir selalu menjadi pemain reguler di lini pertahanan bersama Antonio Rudiger. Lalu, di final nanti, Ancelotti diperkirakan akan kerahkan Nacho Fernandez untuk bermitra dengan Rudiger di jantung pertahanan Los Blancos.

Walau Nacho merupakan seorang bek yang bisa diandalkan, tapi kemampuan Tchouameni sebagai pemain pelapis full-back penyerang – seperti Dani Carvajal, merupakan sebuah aset berharga.

Real Madrid Harus Segera Temukan Solusi Jitu

Jelang laga kontra Dortmund, lini┬ábelakang Madrid barangkali harus menjalin komunikasi dan positioning-nya guna mengimbangi kehadiran defensif Tchouameni di lini tengah. Bek sayap Madrid – Dany Carvajal dan Ferland Mendy, juga harus disiplin dalam menyerang agar bek tengah tidak terekspos.

Satu hal yang pasti, Real Madrid butuh beradaptasi dan temukan solusi jitu untuk mencari pengganti Tchouameni di lapangan.

Final Liga Champions berada di ujung tanduk, dan cara Ancelotti atasi masalah absennya Tchouameni ini bisa menjadi faktor penentu dalam upaya Madrid amankan gelar juara Eropa untuk ke-15 kalinya.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!