Satu Minggu Jelang Liga Champions, Gelandang Penting Barcelona Malah Cedera!

Gila Bola – Foto memperlihatkan detik-detik kapten timnas Jerman merangkap gelandang penting Barcelona Ilkay Gundogan terjatuh dari ketinggian 1,5 meter dan cedera pada laga kontra timnas Perancis, tadi malam. Sialnya, ini hanya selisih satu pekan sebelum Liga Champions dimulai.

Tidak baik mendoakan pemain lawan cedera, tetapi nasib buruk yang menimpa Gundogan akan disyukuri oleh musuh-musuh Blaugrana di Liga Champions. Tiga lawan Barca di penyisihan Grup H adalah FC Porto asal Portugal, Shakhtar Donetsk Ukraina dan Antwerp Belgia.

Pertandingan pertama Liga Champions akan dimulai pekan depan, dengan 19 September 2023 menjadi kesempatan pertama Barcelona berlaga di UCL musim baru ini, menerima kedatangan Royal Antwerp asal Belgia.

Seberapa Penting Ilkay Gundogan Bagi Barcelona?

Anda bisa melihat peran penting mantan gelandang Manchester City itu dari menit bermainnya sejak musim anyar 2023/24 dimulai.

Sudah ada empat pertandingan Liga Spanyol dan dalam empat kesempatan itu Gundogan turun sebagai starter. Seluruhnya berakhir dengan kemenangan Blaugrana, kecuali satu saat imbang di Getafe pada pekan pertama.

Gundogan didatangkan secara gratis setelah kontraknya di Etihad Stadium berakhir pada Juni 2023 dan sang kapten the Sky Blues itu tidak mau memperpanjang kontraknya.

Pemain Jerman keturunan Turki itu menjadi satu dari lima pemain baru Blaugrana yang didatangkan dari klub lain selama jendela transfer musim panas 2023.

Empat lainnya adalah Joao Cancelo sebagai pinjaman dari Man City, kemudian Oriel Romeu dari Girona dengan harga hanya 59 Miliar rupiah lebih sedikit, disusul dengan Inigo Martinez yang datang secara gratis dari Athletic Bilbao dan satu pemain pinjaman lainnya Joao Felix asal Atletico.

Kapan Laga-laga UCL Barcelona Dimulai?

Tergabung di Grup H, pertandingan pertama pasukan Xavi di Eropa itu akan dimulai 19 September 2023 dengan menjamu Antwerp. Namun laga tidak dilangsungkan di Camp Nou, melainkan di Estadi Olímpic Lluís Companys.

Matchday kedua Barca akan tandang ke Estádio do Dragão di Porto, Portugal, pada 4 Oktober, disusul laga pekan ketiga Liga Champions pada 25 Oktober dengan menjamu Shakhtar Donetsk.

Selama ini Oriel Romeu turun berbarengan dengan Gundogan dan Frenkie De Jong sehingga selama sang pemain Jerman absen, Sergi Roberto akan menggantikannya.

Opsi lain adalah pemain 16 tahun Lamine Yamal dimainkan dari posisinya sebagai winger di lini depan untuk mundur menjadi salah satu gelandang tengah. Xavi akan berpikir keras, apakah posisi itu cocok bagi sang pemain kejutan tersebut.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!