Stadion Lokasi Final Liga Champions, Final Liga Europa

Gila Bola – Kita sudah bisa mengarahkan perhatian pada final-final Liga Champions, Liga Europa dan Liga Konferensi Europa setelah drawing tahap grup selesai dilakukan Jumat malam (1/9).

Manchester United di ajang Liga Champions bertemu lawan berat Bayern Munchen di tahap grup, sementara Manchester City kebagian lawan-lawan yang lebih mudah, sama seperti Arsenal. Sedangkan Newcastle United akan berjuang untuk bisa lolos dari tahap grup.

Sementara itu Liverpool mendapatkan hasil drawing yang jauh lebih mudah di ajang Liga Europa. Sama halnya dengan West Ham. Namun Brighton harus bekerja keras karena satu grup dengan Ajax dan Marseille.

Kapan, Di Mana Final Liga Champions?

Final kompetisi utama Eropa ini akan dimainkan di Wembley Stadium, stadion ikonik yang sangat terkenal di kota London, pada 1 Juni 2024.

Lokasi ini sudah menjadi tuan rumah banyak pertandingan besar. Misalnya saja final Euro Wanita 2022. Juga final Liga Champions 2011. Selain secara rutin menjadi lokasi final Piala FA dari sepak bola Inggris.

Final Liga Europa di Mana dan Kapan?

Final kompetisi kedua Eropa akan dilangsungkan di Aviva Stadium di Dublin, Republik Irlandia, pada 22 Mei 2024.

Stadion ini pernah menjadi tuan rumah final Liga Europa 2011 yang melibatkan dua tim asal Portugal, FC Porto vs Braga. Laga itu berakhir dengan kemenangan Porto 1-0.

Ini merupakan satu-satunya stadion kategori 4 di Republik Irlandia, yang berarti satu-satunya yang bisa menjadi tuan rumah laga-laga kompetisi Eropa, baik di level klub maupun internasional.

Aviva Stadium sangat unik karena, kalau Anda perhatikan dari foto 360 di bawah ini, maka ada satu sisi stadion yang seperti “runtuh” atau tidak memiliki tinggi yang sama dengan tiga sisi lainnya. Itu karena ada perjanjian dengan penduduk sekitar guna mendapatkan pencahayaan bagi rumah-rumah di sisi sebelah utara.

Final Liga Konferensi Europa di Mana dan Kapan?

Final kompetisi ketiga Eropa ini akan dilangsungkan di Agia Sophia Stadium, Athens, Yunani pada 29 Mei 2024. Ini merupakan sebuah stadion yang baru selesai dibangun pada tahun 2022.

Lokasi awal stadion ini merupakan sebuah stadion tua yang dibangun tahun 1930 bernama Nikos Goumas dan menjadi kandang dari tim AEK Athens.

Ironisnya, klub AEK Athens tidak akan bermain di stadion ini untuk final Liga Konferensi Europa karena mereka akan bermain di kasta kedua yakni Liga Europa setelah disingkirkan oleh Royal Antwerp pada laga play-off Liga Champions.

Agia Sophia sudah menjadi tuan rumah beberapa laga internasional timnas Yunani, pertandingan persahabatan kontra Lithuania pada Maret 2023 lalu, dan kemenangan 2-1 atas Republik Irlandia untuk kualifikasi Euro 2024 pada bulan Juni silam.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!