Wasit di Final Piala Dunia Qatar Pimpin Laga Manchester City Kontra Inter Milan

Gila Bola – Uefa menunjuk wasit di final Piala Dunia 2022, Szymon Marciniak, untuk memimpin laga antara Manchester City dan Inter Milan di final Liga Champions 11 Juni mendatang.

Uefa abaikan desakan untuk mengganti Szymon Marciniak terkait dugaan keterlibatannya dengan gerakan sayap kanan di Polandia, dan tetap menunjuk wasit 42 tahun itu sebagai pengadil dalam pertandingan yang akan digelar di Istanbul Turki tersebut.

Marciniak jalani penyelidikan setelah tampil sebagai pembicara dalam sebuah event yang digelar pemimpin gerakan sayap kanan negaranya, Slawomir Mentzen, hingga keterlibatannya di final Liga Champions musim ini dipertanyakan.

Namun, Uefa yakin Marciniak ‘telah diperdaya dan sama sekali tak tahu apa dan berafiliasi ke mana event itu sebenarnya’. Dengan anggapan itulah, otoritas sepak bola Eropa itu tetap mempertahankan wasit Polandia tersebut sebagai pengadil yang akan bertugas di final Liga Champions nanti.

“Menyusul pernyataan Marciniak, Uefa menerima permintaan maaf dan klarifikasinya yang mendalam,” demikian pernyataan resmi Uefa.

Uefa mengaku telah lakukan kontak dengan Never Again – sebuah LSM antirasisme yang berafiliasi dengan jaringan FARE, yang telah memunculkan kekhawatiran awal mengenai keterlibatan Marciniak dalam acara tersebut.

Uefa Terima Permohonan Maaf Marciniak

“Mereka meminta Marciniak tetap jalankan perannya sebagai wasit di final Liga Champions yang akan datang, dan menegaskan bahwa¬†mencopot Marciniak justru akan merusak kampanye anti-diskriminasi,” lanjut pernyataan tersebut, seperti dilansir Planet Sport.

“Berdasarkan informasi itu, Uefa mengonfirmasikan bahwa Marciniak akan penuhi tugasnya sebagai wasit di final Liga Champions musim 2022/23,” tegas Uefa dalam pernyataan itu.

Sementara itu, Marciniak pun sempat ungkapkan permohonan maafnya usai penampilannya di sebuah acara berbau politik tersebut.

“Saya ingin ungkapkan permohonan maaf saya yang sebesar-besarnya terkait keterlibatan saua dan semua kesulitan atau kerugian yang mungkin ditimbulkan,” ujar Marciniak.

“Setelah refleksi dan dilakukannya penyelidikan lebih lanjut, jelas bagi saya bahwa saya telah disesatkan dan sama sekali tak menyadari sifat maupun afiliasi dari kegiatan tersebut,” tambahnya.

“Saya tidak tahu event itu terkait gerakan ekstrem kanan Polandia. Kalau saja saya tahu itu, pasti saya akan menolak undangan tersebut,” tegas Marciniak.

Jadi Wasit Polandia Pertama yang Pimpin Final Piala Dunia

Szymon Marciniak, 42 tahun, tercatat sebagai wasit asal Polandia pertama yang mendapat kesempatan memimpin laga final Piala Dunia – tepatnya di Piala Dunia 2022 di Qatar antara Argentina melawan Perancis yang berakhir dengan drama adu penalti, dan dimenangkan Argentina dengan skor 4-2 (3-3).

Marciniak sebelumnya juga menjadi wasit di leg kedua semi final Liga Champions antara Manchester City melawan Real Madrid, di samping memimpin tujuh pertandingan lainnya di Liga Champions.

Kategori: Sepakbola, Liga Champions
Topik: Inter Milan, Manchester City