Barcelona Kantongi 68 Miliar dari Piala Dunia 2022, Kok Bisa?

Gila Bola – Barcelona kantongi 4,06 juta Euro – atau sekitar 68 miliar Rupiah dari Fifa terkait Piala Dunia 2022.

Dana tersebut diberikan otoritas sepak bola internasional tersebut karena musim lalu Barcelona telah melepas para pemainnya untuk ikut meramaikan Piala Dunia 2022 di Qatar. Demikian ungkap Mundo Deportivo.

Fifa memang memiliki sebuah program bantuan untuk klub-klub yang dianggap menjadi bagian dari berlangsung ajang tersebut. Fifa berbagi sedikit keuntungan kepada tim-tim yang telah melepas para pemainnya untuk berpartispasi dalam turnamen itu.

Program Fifa Club Aid ini juga menjadi bagian dari kesepakatan yang telah ditandatangani oleh presiden Gianni Infantino dan Asosiasi Klub Sepak Bola Eropa (ECA). Kesepakatannya telah diperpanjang hingga tahun 2030 dalam sebuah seremonial yang digelar di Budapest awal tahun ini.

Dan sebagai bagian dari itu semua, Barcelona pun menerima dana sekitar 68 miliar Rupiah dari Fifa, karena telah memperbolehkan para pemainnya untuk berangkat dan ambil bagian dari Piala Dunia Qatar tahun lalu.

Hanya Manchester City Kantongi Dana Lebih Besar dari Barcelona

Diungkapkan Barca Universal, hanya Manchester City yang menerima dana lebih besar dibandingkan Blaugrana, yakni sebesar 4,11 juta Euro atau sekitar 69 miliar Rupiah.

Lalu, Bayern Munchen, ada di urutan ketiga dengan menerima dana 3,88 juta Euro, sementara Real Madrid ada di tempat ke empat dengan 3,43 juta Euro.

Di turnamen empat tahun tersebut, Barcelona mengirimkan 17 pemain, di mana sebagian besar adalah pemain Timnas Spanyol, yakni Eric Garcia, Alejandro Balde, Jordi Alba, Pedri, Gavi, Sergio Busquets, Ansu Fati dan Ferran Torres.

Lumayan Membantu Keuangan Barcelona

Sementara dua lainnya, yakni Jules Kounde dan Ousmane Dembele membela Perancis.  Ada pula Frenkie de Jong dan Memphis Depay Рyang sekarang membela Atletico Madrid, yang sama-sama memperkuat Timnas Belanda.

Lalu, bintang Barca Robert Lewandowski berangkat ke Qatar untuk membela Polandia, Andreas Christensen untuk Timnas Denmark, Ronald Araujo di Timnas Uruguay, Marc-Andre ter Stegen membela Timnas Jerman dan Raphinha yang ikut memperkuat Timnas Brasil di Piala Dunia Qatar tahun lalu.

Tentu saja, dana tersebut cukup berarti bagi Barcelona yang masih dililit masalah finansial. Meskipun tak terlalu signifikan tapi sedikit-banyak bisa menambah pemasukan yang cukup berarti bagi rencana transfer maupun kelangsungan hidup klub Catalan tersebut.

Kategori: Sepakbola, Piala Dunia
Topik: Barcelona