Hasil Final Piala Dunia U17 2023: Jerman Juara Kalahkan Perancis Lewat Drama Adu Penalti

Gilabola.com – Hasil pertandingan babak final Piala Dunia U17 antara Jerman vs Perancis berakhir dengan skor 2-2 di waktu normal dan Die Mannschaft muda akhirnya resmi juara usai meraih kemenangan melalui drama adu penalti dengan skor akhir 4-3.

Pertandingan yang digelar di Stadion Manahan Solo pada hari Sabtu malam (2/12/2023) ini berlangsung menegangkan, terutama di babak kedua. Kedua tim saling berbalas gol dan juga diwarnai oleh kartu merah bagi pemain Jerman, Winner Mark Osawe, yang membuat timnya terpaksa harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-69.

Babak pertama dimulai dan timnas Jerman sempat mencetak gol melalui tendangan Paris Brunner pada menit ketiga, namun sayangnya gol tersebut dianulir karena offside yang dilakukan oleh Max Moerstedt sebelumnya.

Perancis mendapatkan peluang emas pertama mereka pada menit ke-21, ketika Saimon Bouabre melepaskan tembakan yang berhasil diantisipasi oleh kiper Jerman, Konstantin Heide.

Noah Darvich, kapten timnas U17 Jerman, juga mencoba peruntungannya dengan tendangan keras jarak jauh pada menit ke-14, tetapi upayanya tidak membuahkan hasil.

Kedua tim saling serang, tetapi kiper-kiper yang tangguh dari kedua kubu membuat pertandingan semakin menegangkan.

Keputusan kontroversial muncul pada menit ke-29 ketika wasit, Espen Eskas, setelah melihat VAR, memberikan penalti kepada Jerman setelah Aymen Sadi melanggar Bilal Yalcinkaya di kotak terlarang. Dan Paris Brunner yang menjadi eksekutor dengan tenang mengonversi penalti tersebut, membuat skor menjadi 1-0.

Di babak kedua, Jerman memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-51 melalui aksi brilian Noah Darvich yang memanfaatkan umpan dari sisi kanan, ia sama sekali tak terjaga oleh pertahanan lawan.

Namun rupanya para bintang muda Perancis belum menyerah, dan pertandingan semakin ketat ketika Bouabre mencetak gol untuk Perancis, mengubah skor menjadi 2-1.

Drama tidak berhenti di situ. Pemain tengah Jerman, Winners Osawe, mendapatkan kartu kuning kedua setelah melakukan tekel keras terhadap Bouneb, membuat Jerman harus bermain dengan 10 orang.

Memanfaatkan kelemahan Jerman, anak asuh Jean-Luc Vanucchi terus berusaha menembus pertahanan lawan yang masih solid. Para pemain muda Jerman masih berhasil mempertahankan kotak penalti mereka dengan gigih.

Namun pada akhirnya, perjuangan para bintang muda Perancis membuahkan hasil pada menit ke-85 ketika Tidiam Gomis melakukan tusukan tajam di sisi kanan lapangan. Umpan mendatar yang cermat dari Gomis disambut dengan sempurna oleh Mathis Amougou di depan gawang Jerman. Amougou dengan tenang menjebol gawang, menyamakan kedudukan menjadi 2-2 yang bertahan hingga akhir waktu normal.

Pertandingan pun dilanjutkan dengan adu penalti, dan setelah drama yang menegangkan pada akhirnya skuad Jerman memenangkan babak adu penalti dan resmi menjadi juara Piala Dunia U17 2023!

Skor Akhir Adu Penalti Jerman vs Perancis

  • Perancis – Joachim Kayi Sanda, GOL 0-1
  • Jerman – Eric da Silva Moreira, GAGAL 0-1
  • Perancis – Ismael Bouneb, GOL 0-2
  • Jerman – Robert Ramsak, GOL 1-2
  • Perancis – Nhoa Sangui, GAGAL 1-2
  • Jerman – Max Moerstedt, GOL 2-2
  • Perancis – Bastien Meupiyou, GAGAL 2-2
  • Jerman – Fayssal Harchaoui, GOL 3-2
  • Perancis – Joan Tincres, GOL 3-3
  • Jerman – Paris Brunner, GAGAL 3-3
  • Perancis – Tidiam Gomis, GAGAL 3-3
  • Jerman – Almugera Kabar, GOL 4-3!

Susunan Pemain Jerman vs Perancis

Timnas Jerman U17 (4-3-3): 12-Konstantin Heide, 4-Finn Jeltsch, 13-Maximilian Hennig, 14-David Odogu, 17-Eric da Silva Moreira, 6-Fayssal Harchaoui, 10-Noah Darvich, 16-Winners Osawe, 7-Paris Brunner, 9-Max Moerstedt, 18-Bilal Yalcinkaya.

Timnas Perancis U17 (4-3-3): 1-Paul Argney, 2-Yvan Titi, 4-Bastien Meupiyou, 5-Joachim Kayi Sanda, 13-Aymen Sadi, 10-Ismail Bouneb, 14-Fode Sylla, 20-Mathis Amougou, 8-Saimon Bouabre, 9-Mathis Lambourde, 11-Tidiam Gomis.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!