Hasil Wales vs Iran di Piala Dunia 2022: Kiper Kartu Merah, Wales Keok 0-2!

Timnas Wales harus menelan kekalahan di menit-menit akhir laga kedua fase Grup B Piala Dunia 2022 melawan Iran, Jumat (25/11). Bermain dengan 10 pemain dan tanpa kiper utama, Wales menyerah kalah 0-2.

Gila Bola – Baik Wales maupun Iran sama-sama membutuhkan poin sempurna di laga ini, demi menghidupkan harapan mereka melaju ke babak 16 besar. Namun Wales – setelah sebelumnya imbang melawan Amerika Serikat, di laga kedua ini cara mengejutkan mereka kalah 0-2 dari Iran!

Wales menyerah di menit-menit akhir lewat gol spektakuler pemain Iran, Rouzbeh Cheshmi di menit 90+8 dan dan Ramin Rezaeain di menit 90+11!

Sebelumnya Wales kehilangan kiper utama mereka, Wayne Hennessey, yang dikartu merah di menit ke-86 setelah lakukan pelanggaran terhadap Mehdi Tahremi di luar area terlarang. Aaron Ramsey pun ditarik keluar untuk memasukkan kiper kedua.

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT

Akibat kekalahan ini, Wales kini berada di posisi juru kunci, sementara Iran naik ke urutan kedua klasemen sementara Grup B!

Timnas Wales dan Iran Butuh Poin Penuh

Sama-sama membutuhkan poin sempurna, Wales berhasil mengancam gawang Iran – dan ini menjadi peluang pertama Wales, di menit 12. Saat itu, Roberts sodorkan umpan silang ke area terlarang Iran. Namun peluang yang coba diselesaikan Kieffer Moore berhasil dihalau pemain lawan.

GOL DIANULIR! Iran mendapat peluang emas di menit 16 saat Sardar Azmoun menyodorkan umpan kepada Gholizadeh. Namun Gholizadeh berada pada posisi offside saat ia menyarangkan bola ke gawang Hennessey.

Peluang kembali tercipta di masa injury, tepatnya di menit 45+2, ketika Azmoun sekali lagi mencoba lancarkan ancamannya ke gawang Wales. Sayangnya bola masih melebar!

Catatan Wales dan Timnas Iran di Babak Pertama

Di babak pertama laga ini, pemain Iran, Mehdi Taremi, tercatat berhasil mengkreasikan lebih banyak peluang dibandingkan pemain lain di babak pertama pertandingan ini, sebanyak dua peluang.

Namun, fakta lainnya, dia juga menjadi pemain paling sedikit menyentuh bola dibandingkan pemain lain, yakni delapan sentuhan saja.

Sementara di kubu Wales, Gareth Bale tercatat mainkan laga yang ke-110 bersama tim senior Wales, melewati rekor yang dibukukan rekan satu timnya Chris Gunter yang bukukan 109 penampilan. Bale pun menjadi pemain yang kantongi caps paling banyak dalam sejarah Timnas Wales.

Timnas Iran Makin Menggila di Babak Kedua

Wales tampaknya harus mewaspadai permainan Iran, karena delapan dari 11 gol Iran di Piala Dunia tercipta di babak kedua laga, termasuk gol-gol yang mereka bukukan di enam pertandingan kualifikasi Piala Dunia secara beruntun.

Benar saja, di awal babak kedua, Iran tampak semakin menggila! Wales setidaknya harus menahan tiga gempuran Iran – dua di antaranya dilakukan Azmoun, dan satu ancaman dilakukan Gholizadeh. Ketiga peluang itu terjadi di waktu yang berdekatan di menit 52. Di momen ini, Hennessey tampaknya harus berterima kasih pada tiang gawang!

Giliran Wales yang lakukan serangan balik. Namun peluang ini tak berhasil dimanfaatkan dengan baik. Begitu juga saat mereka mendapat peluang tendangan bebas di menit 54.

Kiper Wales Kartu Merah!!

Nasib sial dialami Wales di menit-menit akhir, ketiga pelanggaran dilakukan sangĀ  kiper, Wayne Hennessey, saat ia berusaha menyongsong bola yang coba digiring Tahremi meskipun pemain itu masih berada jauh di luar area penalti.

Setelah semula hanya mendapat kartu kuning, wasit yang berkonsultasi pada VAR akhirnya memutuskan untuk mengganjar Hennessey dengan kartu merah.

Pelatih Rob Page memutuskan untuk menarik keluar Aaron Ramsey, untuk memasukkan kiper pengganti, Danny Ward.

Detik-detik Gol Iran ke Gawang Wales!!

Detik-detik kekalahann Wales pun terjadi setelah itu. Bek Wales lakukan kesalahan saat menghalau bola lawan yang justru jatuh ke kaki bek Iran, Rouzbeh Cheshmi, yang berdiri bebas di luar kotak penalti.

Tak membuang-buang kesempatan, pemain yang baru masuk di babak kedua itu langsung menembakkan bola dari luar kotak penalti. Hasilnya, GOOLLL!! Iran memimpin 1-0 di menit 90+8!

Gol kedua dibukukan Ramin Rezaeain tiga menit kemudian, tepatnya di menit 90+11, sesaat setelah ia menerima umpan dari Mehdi Taremi yang menggiring bola dari tengah lapangan. Ramin yang datang dari sisi kanan langsung menyongsong bola dan berhasil mengecoh Danny Ward. GOOOLL!! Iran pun menutup laga dengan kemenangan 2-0!!

Susunan Pemain

Wales (3-5-2): Wayne Hennessey; C Mepham, Joe Rodon, Ben Davies; Connor Roberts, Aaron Ramsey, Ethan Ampadu, Harry Wilson, Neco Williams; Gareth Bale, Kieffer Moore.

Iran (4-1-4-1): Hossein Hosseini; Milad Mohammadi, Morteza Pouraliganji, Majid Hosseini, Ramin Rezaeian; Saaed Ezatolahi Afagh; Mehdi Taremi, Ehsan Hajsafi, Ahmad Nourollahi, Ali Gholizadeh; Sardar Azmoun.

PILARWIN
PILARWIN
IBOSport
MACAUBET

Hasil Piala Dunia Qatar

SebelumnyaStatistik Timnas Brasil Mengerikan Saat Bungkam Serbia di Piala Dunia 2022
SelanjutnyaChelsea Pimpin Perburuan Transfer Kiper Timnas Portugal Seharga 1,2 Trilyun Ini