Kejutan! Inggris Juara Piala Dunia U17 2017 Disingkirkan Tim yang Susah Payah Lolos Dari Tahap Grup

Gilabola.com – Para pemain U17 Inggris akan menangis terisak-isak melihat foto di atas, saat para senior mereka yang kini sudah enam tahun lebih tua, mengangkat trofi juara Piala Dunia U17 tahun 2017 di India. Tidak akan terulangi tahun ini.

Inggris secara mengejutkan disingkirkan oleh Uzbekistan, sebuah negara yang bahkan Anda pun harus membuka peta untuk mencari tahu letak negara ini. Gol-gol dari Amir Saidov dan Lazizbek Mizraev sudah cukup untuk menang atas tim Tiga Singa yang tidak terdengar aumannya sore tadi di JIS.

Di babak perempat final Uzbek akan menghadapi pemenang dari partai 16 besar lainnya, Perancis vs Senegal, yang akan dimulai satu jam lagi. Juga berlokasi di JIS.

Inggris Merupakan Juara Dunia U17 di India

India dan Indonesia. Nama sih mirip. Gak yakin, ada banyak anggota skuad Tiga Singa yang bisa membedakan keduanya. Tapi nasib Inggris berbeda jauh di dua lokasi ini.

India tahun 2017 adalah lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U17 edisi ke-17. Saat itu the Three Lions junior diperkuat antara lain oleh Jadon Sancho dan Phil Foden, selain Rhian Joel Brewster yang menjadi top skor tim.

Mereka keluar sebagai pemenangnya setelah menang di partai puncak kompetisi, mengalahkan Spanyol dengan skor 5-2. Lima gol Inggris dilesakkan oleh Phil Foden (2), Marc Guehi, Brewster dan Morgan Gibbs-White.

Di tahap semifinal tahun 2017 itu Inggris mengalahkan Brasil 3-1 dengan hattrick dari Brewster, top skor kompetisi dengan koleksi 8 gol yang kini terjebak bermain di Sheffield United.

Pada tahap delapan besar Inggris mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 4-1 dengan tiga gol Brewster dan satu lainnya oleh Gibss-White.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Sebelum itu Inggris menjadi juara Grup F dengan tiga kemenangan dari tiga, mengalahkan Irak, Meksiko dan Chile, sebelum melaju ke tahap 16 besar dan menang atas Jepang U17 dengan adu penalti.

Uzbekistan Juara AFC U16, Tapi Baru Dua Kali Lolos ke Piala Dunia U17

Tim yang mengalahkan Tiga Singa ini tidak terlalu mentereng namanya di dunia sepak bola, meskipun tercatat pernah menjadi juara kompetisi AFC U16 pada tahun 2012 di Iran.

Sementara di ajang Piala Dunia U17, mereka baru dua kali lolos sebelum ini, pada 2011 dan 2013, keduanya mencapai tahap perempat final dan 16 besar masing-masing.

Uzbek kelihatannya belajar banyak dari pertahanan mereka yang boncos selama penyisihan grup, kebobolan lima gol dari tiga pertandingan Grup B saat mencatatkan lima gol ke gawang lawan.

Uzbek berhasil lolos ke 16 besar melalui skema tim posisi ketiga terbaik, menduduki posisi ketiga di bawah Iran dan Jepang, setelah hanya menjadi tim ranking ketiga di Grup B.

Mereka bertahan secara kuat dari serangan-serangan Inggris yang membanjiri gawang mereka selama menit-menit akhir pertandingan di JIS pada Rabu sore (22/11) dan berhasil mempertahankan skor 1-2.