Lihat Bola Out Jepang Disahkan Wasit Sebagai Gol, Jerman Seharusnya Lolos ke 16 Besar!

Entah mengapa wasit mengesahkan gol kedua Jepang ini, setelah bola sempat out di sisi gawang Spanyol. Jika gol ini dibatalkan dan skor 1-1 maka Jerman seharusnya lolos ke 16 besar!

Gila Bola – Jika saja gol kedua Jepang ini dibatalkan wasit setelah bola sempat out lebih dulu di sisi gawang Unai Simon maka Jepang dengan koleksi nilai 4 akan tersingkir, Spanyol (5) dan Jerman (4, selisih gol lebih baik) akan melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Kemenangan Jepang 2-1 atas Spanyol pada Jumat dinihari (2/11) bukan saja sempat mengancam posisi kelolosan La Roja, tetapi juga menyingkirkan Jerman untuk dua Piala Dunia beruntun!

DFB-Team itu adalah juara dunia dari turnamen 2014 di Brasil, namun tersingkir pada tahap penyisihan grup Piala Dunia 2018 di Rusia oleh kekalahan 2-0 di tangan Korea Selatan pada pertandingan terakhir.

Kini Jerman harus menghadapi kenyataan bahwa mereka satu kali lagi disingkirkan oleh tim Asia lainnya, Jepang, untuk dua turnamen Piala Dunia beruntun, meski pun tidak secara langsung.

Assist Kaoru Mitoma Sudah Terlanjur Out

Adegan yang dipermasalahkan ini terjadi pada menit 50 pertandingan Jepang vs Spanyol di Khalifa International Stadium saat bola melewati garis akhir lapangan, tetapi peninjauan layar VAR mengesahkan gol tersebut.

Assist yang dikirimkan oleh pemain Brighton Kaoru Mitoma sudah terlanjur melewati batas akhir lapangan, seperti terlihat dari berbagai tayangan video. Lihat juga cuplikan yang diberikan akun Twitter di bawah ini.

Dari assist Mitoma inilah, Ao Tanaka mencetak gol kedua yang mendorong Spanyol turun ke posisi kedua Grup E, sekaligus memastikan kemenangan Jerman 4-2 atas Kosta Rika menjadi tidak ada artinya.

Apakah Spanyol Sengaja Mengalah?

Akan muncul kecurigaan besar bahwa pasukan Luis Enrique melakukan kalkulasi risiko yang terkendali ketika membiarkan dua gol masuk ke gawang Unai Simon.

Sebagai tim urutan kedua Grup E, La Roja kini akan menghadapi tim Maroko yang menempati posisi pertama Grup F, pada babak 16 besar yang akan berlangsung akhir pekan ini. Maroko di atas kertas lebih mudah karena menempati posisi 22 dalam daftar ranking FIFA.

Sementara juara Grup E Jepang malah akan kebagian lawan lebih sulit, Kroasia. Meski pun diperkuat banyak pemain berusia tua, bagaimana pun mereka adalah finalis 2018 di Rusia.

Gol Jepang yang Terlanjur Out Jadi Concern Jerman Pula

Gol yang sempat out ini sangat menentukan nasib Jerman. Jika gol Ao Tanaka dibatalkan dan skor Jepang vs Spanyol imbang 1-1 maka Jerman seharusnya lolos ke 16 besar.

Begini seharusnya posisi klasemen Grup E jika gol kedua Jepang dibatalkan:

  • Spanyol poin 5, selisih gol 9:2
  • Jerman poin 4, selisih gol 6:5
  • Jepang poin 4, selisih gol 3:3
  • Kosta Rika poin 3, selisih gol 3:11

 

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!