Timnas Indonesia U-23 Berharap FIFA Depak Israel darri Olimpiade Paris 2024

Federasi Sepakbola Israel (IFA) terancam dicoret dari keanggotaan FIFA akibat aksi militernya di Palestina. Hal ini membuka peluang bagi Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024, menggantikan posisi Israel U-23.

Ancaman Sanksi FIFA untuk Israel

Federasi Sepakbola Palestina (PFA) telah mengajukan proposal kepada FIFA untuk mengeluarkan Israel dari keanggotaan mereka. Proposal ini didasari oleh aksi keji militer Israel yang menewaskan banyak warga sipil Palestina dan merampas hak mereka untuk bermain sepak bola.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, telah meminta pandangan dari 211 negara anggota FIFA terkait proposal tersebut. Hingga saat ini, 37 negara telah menyatakan kutukan terhadap tindakan Israel.

FIFA diprediksi akan menggelar rapat darurat pada 20 Juli 2024 untuk memutuskan nasib Israel di keanggotaan FIFA. Jika Israel didepak, mereka otomatis tersingkir dari Olimpiade Paris 2024.

Peluang Bagi Timnas Indonesia U-23

Terdapat dua negara yang berpeluang menggantikan Israel U-23 di Olimpiade:

  • Timnas Georgia U-23: Tim yang dikalahkan Israel di perempat final Piala Eropa U-21 2023.
  • Timnas Indonesia U-23: Skuad Garuda Muda yang sebelumnya kalah tipis 0-1 dari Guinea U-23 di babak playoff.

Indonesia memiliki peluang karena sempat menjadi salah satu pesaing untuk memperebutkan slot terakhir Olimpiade.

Penantian dan Harapan

Keputusan FIFA terkait masa depan Israel di keanggotaan FIFA akan menjadi penentu bagi Timnas Indonesia U-23. Jika FIFA menjatuhkan sanksi tegas kepada Israel, peluang Indonesia untuk tampil di Olimpiade Paris 2024 akan terbuka lebar.

Meski demikian, perlu diingat bahwa keputusan akhir tetap berada di tangan FIFA. Kita perlu memantau perkembangan situasi ini dengan seksama dan berharap yang terbaik untuk Timnas Indonesia U-23.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!