Barcelona Dibantai 3-5 di Kandang, Xavi Hernandez Umumkan Pergi di Akhir Musim!

Gilabola.com – Berita mengejutkan datang dari Catalan saat Xavi Hernandez telah mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan Barcelona pada akhir musim ini, per 30 Juni 2024 mendatang.

Raksasa Catalan itu merilis pernyataan resmi di situs mereka, menuliskan, “Pelatih FC Barcelona Xavi Hernandez telah mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan Klub pada 30 Juni.”

Pernyataan ini juga disampaikan oleh manajer berusia 44 tahun itu saat dia berada dalam konferensi pers Barcelona pasca kekalahan 3-5 yang memalukan dari Villarreal di Camp Nou di La Liga.

Januari 2024 ini memang menjadi momen yang sulit bagi Barca di musim ini, dimulai oleh kekalahan dengan skor telak 4-1 dari Real Madrid dalam pertandingan final Piala Super Spanyol di Riyadh.

Kemudian, harapan untuk memenangkan gelar musim ini semakin hampir tertutup saat mereka tersingkir mengejutkan di perempat final Copa del Rey, dikalahkan Athletico Bilbao dengan skor 4-2.

Nah, setelah kekalahan di San Mames ini, Xavi Hernandez yang mulai frustrasi sempat mengumumkan bahwa dia siap meninggalkan jabatannya di akhir musim jika dia merasa gagal dalam mengangkat Barcelona.

Sekarang, manajer berusia 44 tahun itu semakin mantap dan akhirnya resmi mengumumkan kepergiannya di akhir musim pasca kekalahan terbaru Barcelona dengan skor 3-5 di kandang dari Villarreal.

Itu adalah pertandingan kandang pertama Blaugrana di musim ini, namun dua gol telak tim tamu di masa injury time membuat publik Camp Nou tersentak dalam kekalahan yang sangat menyakitkan.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Sebenarnya Xavi Hernandez tidak buruk-buruk banget bagi Barcelona dengan dia berhasil mempersembahkan gelar La Liga di musim 2022/2023 dengan keunggulan 10 poin dari Real Madrid.

Lagipula, terlepas dari buruknya Barca di musim ini, juga tidak sepenuhnya salahnya karena memang klub punya kendala besar di aspek finansial sehingga mereka tidak bisa banyak memperkuat skuad.

Barcelona punya starting XI yang sangat hebat, tapi kekurangan kedalaman skuad yang mumpuni sehingga ketika ada banyak pemain yang absen, maka itu menjadi masalah besar.

Xavi Hernandez sebelumnya ditunjuk untuk menjadi manajer Blaugrana pada November 2021 untuk menggantikan Ronald Koeman yang dipecat dengan kontraknya berlangsung hingga Juni 2025 mendatang.

Tapi dengan penurunan Barca musim ini, Xavi memandang bahwa dia tampaknya bukan orang yang tepat untuk membangun kembali kejayaan Barcelona dan sekarang telah memutuskan untuk pergi dari pekerjaannya di akhir musim.