Barcelona Lirik Mikel Arteta Jadi Pengganti Xavi Hernandez

Gila BolaBarcelona diberitakan melirik manajer Arsenal, Mikel Arteta, sebagai pengganti Xavi Hernandez yang timnya baru saja dipermalukan Real Madrid, 1-4, di final Piala Super Spanyol.

Nasib Xavi Hernandez di Barca seakan berada di ujung tanduk. Walau tampaknya pelatih 43 tahun itu mendapat dukungan dari sang presiden, tapi hari-harinya bersama klub yang pernah dibelanya sebagai pemain itu terasa seperti menghitung hari, terutama jika Barca terus tunjukkan penampilan buruk di panggung domestik.

Musim tim Catalan tersebut berangsur menjadi lebih buruk menyusul kekalahan dari rival abadi mereka, Real Madrid, di malam final Piala Super Spanyol pekan ini.

Kekalahan tersebut seakan memicu berbagai hal, termasuk kemungkinan Barca mendepak Xavi dan menggantikannya dengan pelatih lain, meskipun ia tampaknya akan tetap memandu Barca hingga akhir musim ini.

Joan Laporta dan Barcelona Sama-sama Menyukai Mikel Arteta

Salah satu opsi pelatih yang dipertimbangkan Barca adalah, Mikel Arteta. Menurut laporan Barca Universal, According to Adrian Sanchez, Barcelona and president Joan Laporta prefer the Arsenal manager, as a potential replacement for Xavi.

Arteta sudah berada di Arsenal selama lebih dari empat tahun sekarang. Walaupun prosesnya termasuk lambat, tapi The Gunners jelas-jelas tunjukkan perkembangan dan menjadi penantang gelar dalam beberapa tahun terakhir.

Selama periode kepelatihannya, Arteta juga kumpulkan pengalaman melatih yang signifikan, di mana saat ini ia sudah memandu lebih dari 200 pertandingan kompetitif.

Bisakah Mikel Arteta Gantikan Xavi?

Sementara tak diragukan bahwa Arteta telah berhasil mendongkrak penampilan Arsenal secara signifikan, langkahnya barangkali bisa berbeda jika mengambil alih tantangan di Barcelona.

Yang terbesar, Arteta barangkali tak akan mendapat dukungan finansial yang memadai, seperti apa yang didapatnya di Arsenal.

Namun, di sisi lain, Arteta dikenal sebagai pendukung permainan posisional Pep Guardiola – yang juga mantan pelatih Barca dan Arteta pernah menjadi asistennya di Manchester City. Namun, pelatih asal Spanyol itu hanya tawarkan sedikit permainan solid di lini belakang dalam laga-laga yang dimainkan skuadnya – sesuatu yang sangat dibutuhkan Barca saat ini.

Semua hal tentunya telah dipertimbangkan, dan Arteta kemungkinan tak dianggap sebagai opsi yang buruk bagi Blaugrana, terutama terkait fakta bahwa kontraknya di Emirates akan berakhir pada musim panas 2025.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!