Dapat Tawaran dari Klub Inggris, Barcelona Bisa Lepas Alejandro Balde Tahun Depan

Gila Bola – Barcelona mendapat tawaran ‘penting’ dari klub Liga Inggris untuk bintang mudanya yang juga sempat menjadi nominator Golden Boy, Alejandro Balde, jelang bergulirnya bursa transfer musim dingin.

Barcelona punya banyak pemain bintang dalam skuad mereka, tapi juga tidak seimbang. Beberapa posisi dalam skuad Blaugrana memiliki kedalaman lebih dari posisi yang lain, sementara yang lain hampir tak punya satu pun pemain yang bisa menjaga kelancarannya.

Klub tentunya perlu menutupi posisi-posisi ini, seperti bek kanan, sayap kiri dan juga gelandang bertahan, jelang bergulirnya bursa transfer Januari. Di sisi lain, klub juga  harus kumpulkan dana melalui penjualan pemain.

Baru-baru ini diberitakan, Barca percaya mereka bisa menjual salah satu bintang mereka di lini belakang pada musim panas mendatang, guna menginvestasikan dana yang mereka peroleh di posisi yang lain.

Perginya Ronald Araujo jelas tak mungkin terjadi, tetapi para pemain seperti Andreas Christensen, Jules Kounde, Inigo Martinez, dan bahkan bintang La Masia, Alejandro Balde, barangkali bisa dijual – jika terpaksa.

Siapa Klub Inggris Pelamar Alejandro Balde?

Tampaknya, tawaran pertama dari banyak tawaran yang kemungkinan besar akan diterima Barcelona sudah datang. Seperti dilaporkan Gerard Romero, sebuah tim Liga Premier sudah sodorkan tawaran penting untuk datangkan Alejandro Balde.

Namun, sejauh ini, nama tim tersebut memang belum diungkapkan, begitu juga dengan besarnya tawaran mereka atau kapan transfer itu akan dilakukan, apakah di musim dingin pada bulan Januari atau di musim panas tahun depan.

Saat inim harus diakui Balde tengah alami penurunan performa. Pemain muda yang baru genap berusia 20 tahun pada bulan Oktober 2023 itu sedang tak berada dalam penampilan terbaiknya musim ini – jika itu dibandingkan dengan apa yang ia tunjukkan musim lalu.

Serangan mendalamnya ke lini pertahanan lawan menjadi lebih mudah ditebak, dan pengambilan keputusannya juga jelas-jelas menjadi lebih buruk. Entah bagaimana hal itu bisa terjadi.

Xavi Kerahkan Cancelo di Posisi Alejandro Balde

Karena itu pula, pelatih Xavi Hernandez belum lama ini mencoba Joao Cancelo bermain sebagai bek kiri, dan hal itu berjalan dengan baik.

Penampilan pemain internasional Portugal tersebut di posisi itu – saat Barca hadapi Porto dan Atletico Madrid, berhasil bangkitkan harapan bahwa formasi Cancelo di posisi tersebut bisa menjadi starting XI terbaik Barcelona.

Namun, hal ini berarti Alejandro Balde harus diistirahatkan. Situasi itulah yang kemudian  menarik perhatian dan minat beberapa klub Eropa.

Haruskah Barcelona Pertimbangkan Tawaran Itu?

Dengan Joao Cancelo yang masih berstatus pinjaman, dan kontrak Sergi Roberto yang akan berakhir pada musim panas, Barcelona tentunya akan kehilangan semua bek sayap utama mereka jika putuskan untuk menjual Balde.

Selain itu, pemain internasional Spanyol ini telah berulang kali buktikan kualitasnya untuk Barca, di mana namanya meroket musim lalu sebagai bintang remaja. Meskipun saat ini penampilannya tak konsisten, ia memiliki profil unik di dalam tim dan langka di dunia sepak bola.

Menurut Barca Universal, Blaugrana dan Xavi dipastikan akan mendapat banyak manfaat – untuk jangka menengah maupun jangka panjang, jika Balde diasah dengan baik dan diberi kesempatan serta waktu untuk berkembang.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!