Girona Satu Dari Dua Tim Terbaik di Eropa, Jelang Hadapi Athletic Bilbao

Gilabola.com – Laga Liga Spanyol yang akan dimulai beberapa jam lagi pada Selasa dinihari (28/11) sangat penting bagi tuan rumah Girona maupun bagi Athletic Bilbao. Begini penjelasannya.

Tim urutan kedua terbaik di klasemen LaLiga itu akan menjamu tim ranking keenam dalam apa yang terlihat sebagai upaya tim kejutan Girona untuk merebut kembali posisi puncak klasemen.

Real Madrid baru saja menguasai urutan satu klasemen setelah menang tiga gol tanpa balas di kandang Cadiz, Senin dinihari. Namun tim jersey merah-putih memiliki kesempatan terbaik untuk merebut tahta LaLiga.

Girona Tim Kejutan, Satu Dari Dua Tim Terbaik di Eropa

Jumlah nilai yang dimiliki oleh Gironistes, 34 poin dari 13 pertandingan merupakan salah satu yang terbaik di Eropa.

Satu tim lain yang juga memiliki nilai 34 dari hanya 12 pertandingan adalah Bayer Leverkusen, yang juga menjadi figur tim kejutan di Bundesliga di bawah arahan Xabi Alonso.

Tidak ada tim lain di lima liga elit Eropa yang berhasil menandingi jumlah poin tersebut. Jangan dibandingkan dengan Real Madrid ya, karena skuad Carlo Ancelotti itu meskipun memiliki 35 poin tetapi itu diperoleh dari 14 pertandingan.

Karena itulah laga nanti malam kontra Athletic Bilbao sangat penting. Jika berhasil menang atas Zuri-gorriak dan meraih tiga poin serta nilai total menjadi 37 maka fix sudah tim berjuluk Blanquivermells itu merupakan tim terbaik di Eropa.

37 Poin Setara Nilai Semusim Girona Pada 2018/19

Untuk bisa memahami seberapa menakjubkannya performa skuad Miguel Ángel Sánchez Muñoz itu maka kita harus melihat kembali ke musim 2018/19.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Tahu berapa nilai total klub putih-merah ini pada akhir musim itu? 37 poin saja. Musim ketika mereka terdegradasi turun ke Segunda Division.

Kini jumlah nilai yang sama 37, jika menang atas Bilbao nanti malam, sudah mereka dapatkan pada pekan ke-14. Itu setara kira-kira 37 persen dari keseluruhan musim yang berjumlah 38 pertandingan. Sepertiga lebih semusim dan nilai total sudah hampir sama seperti 2018/19.

Dampak bagi Athletic Bilbao

Bagi skuad Ernesto Valverde, mereka juga mengincar sebuah kemenangan karena tiga poin akan melontarkannya ke ranking kelima klasemen Liga Spanyol dengan 27 poin, menyalip posisi Real Sociedad (25).

Sayangnya catatan head-to-head semusim kemarin kurang memihak pasukan the Liones. Pertemuan November 2022 berakhir 2-1 bagi Girona. Demikian juga laga terakhir Februari 2023 usai 2-3 bagi kemenangan pasukan Michel.