Jean-Clair Todibo Laris Manis di Pasar Inggris, Barcelona Bakal Raup Untung Segudang

Gila Bola – Jean-Clair Todibo barangkali tak pernah benar-benar sukses bersama Barcelona, tapi ia akan berikan ‘bantuan keuangan’ yang cukup besar kepada bekas klubnya itu setelah ia menjadi bintang di klub Ligue 1, Nice.

Sebagai bagian dari kesepakatan dengan Nice saat transfer Todibo, Barcelona akan mendapat jatah penjualan pemain itu di masa depan sebesar 20 persen. Ini berarti, tim Catalan itu mereka akan meraup sebagian dari biaya transfer yang didapat klub Perancis itu dari penjualan pemain belakang tersebut.

Saat ini, Todibo seakan laris manis di bursa transfer Inggris. Bek berusia 24 tahun itu menjadi incaran klub-klub besar Liga Premier – terbaru, Chelsea diberitakan telah bergabung dengan Manchester United dan Tottenham Hotspur dalam perburuan transfer mantan bintang Toulouse itu.

Todibo pun diperkirakan siap tinggalkan Nice di bursa transfer bulan ini, dengan setidaknya tiga klub Liga Premier itu akan bersaing dapatkan tanda tangannya.

Dilansir Mundo Deportivo dari media Perancis, Telefoot, Todibo saat ini berada di posisi teratas daftar pemain incaran Chelsea di bursa transfer musim dingin musim ini, dan pembicaraan pun sudah berlangsung antara pihak The Blues dan Nice terkait transfer tersebut.

Nice Tak akan Lepas Todibo dengan Murah!

Lalu, Manchester United – kebetulan pemegang sahamnya yang baru, Jim Ratcliffe, juga menjadi pemilik Nice, dinilai bisa dengan mudah menggaet Todibo dalam operasi transfer ini.

Selain itu Tottenham juga telah lakukan pembicaraan dengan Nice terkait rencana mereka datangkan Todibo di awal tahun ini, walau mereka juga tertarik pada pemain Genoa, Radu Dragusin – pemain yang juga diincar Barcelona.

Sudah bisa kita pastikan, Nice tidak akan mau melepas Todibo pergi begitu saja dengan ongkos murah. Minat dari ketiga klub besar Liga Premier itu – yang dinilai bisa gelontorkan dana besar untuk dapatkan pemain incaran mereka, tentunya menjadi kabar baik bagi Barcelona, karena mereka akan kecipratan rejeki nomplok sebesar 20 persen dari biaya transfer yang nantinya akan disetujui Nice.

Barcelona Sudah Ngarep Sejak November

Kabar mengenai segepok uang yang bisa dikantongi Barca jika Nice menjual Todibo, sebenarnya sudah terdengar sejak bulan November 2023.

Mereka memang kerap cantumkan beberapa klausul dalam kontrak pemain – yang akan sangat membantu mereka baik untuk membeli kembali pemain yang bersangkutan di masa depan atau mendatangkan dana setelah mereka gabung klub lain maupun mainkan cukup banyak pertandingan untuk klub mereka saat ini.

Tahun lalu, Barca sudah meraup untung dari Estanis Pedrola – pemain muda yang pindah ke Sampdoria musim panas lalu, dan membantu Barca dapatkan 3 juta Euro – sekitar 51 miliar Rupiah, setelah ia tampil 10 kali untuk tim Serie B tersebut.

Ini Bandrol Nice untuk Todibo – Kalau Belum Berubah, ya!

Barcelona melepas Todibo ke Nice pada musim panas 2021, dengan biaya transfer 8,5 juta Euro – setara 145 miliar Rupiah. Dalam kesepakatan transfernya, Barca masukkan klausul keuntungan 20 persen dari penjualannya di masa datang – yang diharapkan akan segera menjadi kenyataan di awal tahun ini.

Jika belum berubah, pada akhir tahun lalu Nice diberitakan telah pasang bandrol sekitar 30 juta Euro – sekitar 513 miliar Rupiah, hingga 40 juta Euro – sekitar 684 miliar Rupiah, dalam transfer Todibo. Dengan demikian Barcelona bisa kantongi 6 juta Euro – sekitar 103 miliar Rupiah, hingga 8 juta Euro – sekitar 137 miliar Rupiah, tergantung pada biaya yang disetujui nantinya.

Barca sendiri merekrut Todibo dari Toulouse dengan transfer hanya sekitar 1 juta Euro – murah banget, karena nilai itu setara dengan 17 miliar Rupiah, pada tahun 2019. Pemain ini awalnya diharapkan punya potensi yang sangat tinggi, tapi ia harus tinggalkan Camp Nou demi dapatkan waktu bermain secara reguler. Sejak saat itu, ia sudah membantu Blaugrana hasilkan sejumlah uang yang tak sedikit.

Todibo Sudah Beri Barcelona Banyak Keuntungan

Awalnya, ia dipinjamkan ke Schalke pada bulan Januari 2020, dan membantu Barca kantongi dana 1,5 juta Euro – sekitar 26 miliar Rupiah, dari biaya peminjamannya di klub Bundesliga tersebut.

Dengan keuntungan 50 persen yang sudah aman, Barça lalu meminjamkannya ke Benfica dengan biaya pinjaman 2 juta Euro- setara dengan 34 miliar Rupiah, dan klub Portugal tersebut memiliki opsi pembelian sebesar 20 juta Euro – atau sekitar 342 miliar Rupiah, pada akhir musim.

Namun, Benfica mengembalikan Todibo ke Barca pada bulan Januari. Setelah itu, dia gabung Nice dengan status pinjaman. Klub Prancis tersebut sangat senang dengan penampilan bek Perancis itu dan membayar 145 miliar Rupiah untuk permanenkan jasanya.

Barcelona sudah kantongi 12 juta Euro – setara 205 miliar Rupiah, dari Todibo sejauh ini, dan jumlah itu bisa dengan mudah melampaui besaran 20 juta Euro – sekitar 342 miliar Rupiah, jika ia akhirnya pindah pada musim panas mendatang, terutama jika terjadi perang tawaran di bursa transfer.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!