Penderitaan Sevilla, Dari Juara Eropa Kini Terancam Degradasi

Gila Bola – Sevilla 236 hari lalu adalah juara Liga Europa. Coba lihat di mana mereka sekarang? Urutan 17, satu posisi dan satu poin di atas zona degradasi Liga Spanyol.

Bagaimana itu bisa terjadi? Mereka baru saja ditelan bulat-bulat oleh tim kejutan LaLiga musim ini, Girona. Skornya pun tidak main-main, 5-1! Pemain yang baru saja mereka datangkan musim ini, Artem Dovbyk, mencetak tiga dari lima gol dan naik ke puncak klasemen top skor.

Itu bukan kekalahan pertama Sevillistas. Musim ini tim yang diperkuat oleh Sergio Ramos, bekas kapten dan bek tengah Real Madrid, serta bek senior 38 tahun Jesus Navas, sudah menelan 11 kekalahan dari 21 pertandingan. Sisanya tujuh imbang dan hanya tiga kemenangan.

Sevilla Terancam Terdegradasi ke Segunda Division

Dengan performa seperti itu tidak heran jika mereka akhirnya hanya mengoleksi 16 poin saja, menduduki posisi 17, satu poin dan satu ranking di atas Cadiz yang berada di posisi 18, posisi teratas zona degradasi Liga Spanyol.

Jika tidak ada perubahan maka kita bisa melihat tim berjuluk Los Nervionenses ini turun ke divisi kedua, Segunda Division.

Tahukah kamu kapan mereka terakhir kali berada di Segunda Division itu? Musim 2000/02, setelah semusim sebelumnya terdegradasi dari LaLiga. Selama dua musim sebelum itu, 1997 sampai 1999 mereka juga berada di divisi kedua sepak bola Spanyol.

Sudah Tiga Pelatih Datang ke Sevilla

Sudah empat pelatih datang dan menjadi korban nasib buruk Sevillistas ini, jika kita hitung sejak awal musim kemarin. Pelatih yang ada sekarang adalah manajer kelima dalam dua musim terakhir.

Pada awal 2022/23 Julen Lopetegui dipecat, dilanjutkan oleh Jorge Sampaoli selama kira-kira enam bulan saja, sampai Maret 2023. Dipecat juga. Datanglah Jose Luis Mendilibar yang hanya bisa membawa tim finish pada urutan 12 musim kemarin.

Namun performa buruk tim di ajang LaLiga tertolong oleh penampilan mereka di kompetisi Liga Europa, lolos ke final dan mengalahkan AS Roma di partai puncak di Puskás Aréna di Budapest, Hungaria.

Namun Mendilibar tidak kunjung bisa menolong penampilan tim di ajang liga domestik, menelan empat kekalahan dan hanya dua kemenangan sampai awal Oktober 2023. Dipecat juga.

Datanglah pelatih keempat Diego Alonso. Dikasih pesangon setelah hanya dua bulan saja, Oktober sampai pertengahan November 2023.

Apa kabar pelatih kelima Sevilla, Enrique “Quique” Sánchez Flores? Sepertinya umurnya juga tidak akan panjang.

Sejak kedatangannya pada pertengahan Desember 2023, ia hanya memenangkan laga pertamanya di ajang Liga Spanyol, lalu kalah empat kali setelah itu. Termasuk kekalahan 5-1 di Girona tadi malam.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!