Sudah Lihat Gol 33 Detik Marc Guiu? Wonderkid Baru Barcelona

Gila Bola – Xavi Hernandez dicintai direksi Barcelona karena kemampuannya mengenali bakat-bakat pemain muda, termasuk Marc Guiu yang tadi malam mencetak gol 33 detik sejak masuk sebagai pengganti. Lihat.

Pertandingan sengit Barca vs Athletic Bilbao seolah-olah akan berakhir imbang skor 0-0 setelah berjalan 78 menit tanpa ada gol di kedua ujung lapangan. Xavi kemudian memasukkan dua pemain sekaligus pada menit 79 itu, Marcos Alonso untuk mengisi posisi Alejandro Balde dan Marc Guiu untuk Fermin Lopez.

Dalam waktu 33 detik kemudian sang pemain muda itu mencetak gol usai menerima umpan terobosan di sisi kiri lapangan, masuk mendribble bola ke dalam kotak dan mengolongi kiper Bilbao, Unai Simon. Lihat foto di atas yang memperlihatkan adegan bola berlalu di kolong kaki sang stopper tim tamu.

Jangan dilupakan pula jasa dari Joao Felix, yang menerima umpan panjang dari belakang dan langsung mengirimkannya sebagai sebuah terobosan ke arah pemain 17 tahun ini.

Tidak ada gol lagi terjadi setelah itu dengan masuknya sang pemain terbukti menjadi keputusan yang benar dari sang pelatih Blaugrana. Tiga poin cukup bagi Blaugrana untuk mengejar selisih mereka dengan Real Madrid dan Girona di puncak klasemen La Liga.

Siapakah Marc Guiu Sang Pencetak Gol Barca? 

Umur Marc Guiu baru 17 tahun dan 291 hari. Jadi, ia akan tercatat dalam buku sejarah Barcelona sebagai pencetak gol termuda, sejauh ini.

Ia pernah turun dalam laga Barca sebelum ini, pertandingan persahabatan kontra Vissel Kobe di Jepang pada bulan Juni lalu, sebuah laga yang dilakukan untuk menghormati jasa-jasa Andres Iniesta. Namun laga Senin dinihari kontra Bilbao adalah laga kompetitif pertamanya dan ia berhasil membuat kesan mendalam.

Guiu selama ini bermain bagi Barca Juvenil, tim yunior yang berisi pemain berumur 16 sampai 18 tahun dan hanya mendapatkan delapan menit permainan bersama Barcelona Atlètic yang bermain di divisi ketiga sepak bola Spanyol.

Namanya mulai muncul ke permukaan sejak menjadi top skor di Piala Eropa UEFA U17 di Hungaria saat ia mencetak empat gol. Sama banyaknya dengan Lamine Yamal. Namun sementara Yamal sudah beberapa kali tampil mengejutkan bersama Barca, baru tadi malam kesempatan emas itu datang bagi Guiu dan ia memanfaatkannya dengan sangat baik.

Sudah Berapa Banyak Wonderkid Ditemukan oleh Xavi?

Setidaknya ada tiga orang sejauh ini. Selain Guiu yang masih 17 tahun, juga Lamine Yamal dengan usia sama 17 tahun dan Fermin Lopez 20 tahun yang digantikan olehnya pada laga tadi malam.

Yamal sudah tampil enam kali sebagai starter di semua kompetisi, lima di ajang Liga Spanyol, satu di Liga Champions. Enam penampilan pula sebagai pemain pengganti dengan komposisi serupa, lima domestik, satu Eropa.

Sementara itu Fermin Lopez sudah lebih dulu mencuri perhatian, tapi hanya dua penampilan sebagai starter di semua kompetisi, lima sebagai pengganti. Ia gagal memanfaatkan menit bermainnya sebagai starter kontra Bilbao untuk mencuri perhatian Xavi.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!