Tim LaLiga Ini Incar Liga Champions, Finish Urutan 8 Musim Lalu

Gila Bola – Gol sundulan Mikel Vesga seperti mewakili ambisi klub LaLiga di bawah arahan Ernesto Valverde ini untuk lolos ke Liga Champions, usai mengakhiri kompetisi pada posisi menengah musim kemarin.

Athletic Bilbao baru saja mengalahkan Sevilla dengan dua gol tanpa balas, yang terjadi justru di kandang lawan di Ramon Sanchez Pizjuan Stadium, pada Jumat dinihari (5/1).

Selain gol sundulan dari Vesga, gol jelang akhir dari Aitor Paredes memastikan tiga poin bagi tim, yang musim lalu hanya menduduki urutan delapan klasemen akhir.

Itu merupakan kemenangan ke-11 kalinya dari skuad Valverde, pelatih yang di masa lalu pernah mengasuh Barcelona. The Basques kini menghuni posisi ketiga klasemen sementara Liga Spanyol sebelum dimulainya laga Las Palmas vs Barcelona.

Jika Barca kalah, seperti terlihat dari skor sementara saat ini di Estadio de Gran Canaria, maka Bilbao akan berhasil mempertahankan posisi ketiga yang merupakan ranking terbaiknya musim ini.

Perbaikan Pesat Athletic Bilbao dari Musim 2022/23 Kemarin

Jika kita membandingkan skuad berjuluk Euskaldunak ini antara musim ini dan kemarin maka terlihat ada perbaikan pesat dalam hal posisi di klasemen.

Musim lalu, mereka mengakhiri musim di urutan berapa, tahu? Posisi delapan. Nilai 51. Ada 14 kemenangan, 9 kali imbang dan 15 kekalahan.

Sekarang coba lihat. Baru setengah musim berlalu dan Inaki Williams serta rekan-rekannya sudah mencatatkan 11 kemenangan yang hanya berselisih tiga saja dari total kemenangan musim kemarin. Belum lagi memperhitungkan lima hasil imbang dan hanya tiga kekalahan.

Jumlah kekalahan yang jauh lebih sedikit merupakan perbaikan pesat dari sentuhan Ernesto Valverde, pelatih yang dulu sebagai pemain pernah membela jersey Espanyol, Barca, dan Athletic Bilbao.

Valverde, kini sudah mencapai 59 tahun, pernah menangani the Lions di berbagai level pada empat kesempatan terpisah. Ini merupakan kali kelima ia menjadi pelatih atau manajer pada klub berbasis di Basque itu.

Athletic Bilbao Mengenang Kejayaan Masa Lampau

Klub ini merupakan tim nomor empat paling sukses dalam sejarah LaLiga, memenangkan trofi juaranya sebanyak delapan kali. Tapi seluruhnya terjadi sudah lama sekali. Terakhir kalinya pada 1983 dan 1984.

Trofi terkininya adalah Supercopa de Espana 2021, yang memprtemukan juara liga dan juara Copa del Rey dan berhasil dimenangkan dengan mengalahkan Barcelona 3-2 extra time.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!