Xavi Hernandez Bertahan di Barcelona Semusim Lagi

Gila Bola – Xavi Hernandez putuskan untuk lanjutkan tugasnya sebagai pelatih Barcelona semusim lagi.

“Bahkan setelah El Clasico hari ini, saya melihat peluangnya lebih terbuka bagi Xavi untuk bertahan ketimbang hengkang, tandas jurnalis Spanyol Gerard Romero kepada Fichajes, seperti yang dilansir Barca Universal.

Setelah lakoni musim yang penuh suka-duka ini, termasuk berbagai spekulasi mengenai masa depan Xavi di klub Catalan itu, Xavu membuat keputusan yang mengejutkan sekaligus melegakan bagi suporter fanatik Blaugrana.

Berita ini mencuat secara tak terduga, terutama mengingat bagaimana komentar pelatih 44 tahun itu menyusul kekalahan telak timnya dari Villarreal di ajang La Liga pada akhir bulan Januari.

Ketika itu, Xavi Hernandez langsung ungkapkan rencananya untuk tinggalkan klub Catalan tersebut pada akhir musim ini, hingga ia membuat fans dan juga media massa merasa tak yakin dengan keputusannya.

Bahkan setelah leg pertama perempat-final Liga Champions melawan PSG, Xavi mengakui kemenangan itu tak akan memengaruhi keputusannya. Namun, berubahnya keputusan Xavi ini akan membuat terkejut banyak orang.

Barcelona Lebih Butuh Xavi

Berlanjutnya masa depan Xavi di Barca tentunya akan membawa stabilitas yang menyegarkan, terutama mengingat Blaugrana masih alami masalah keuangan.

Ketidakmampuan Barca untuk datangkan pelatih baru sangat terlihat jelas, sehingga keputusan untuk melanjutkan kontrak Xavi sangat disambut gembira oleh para petinggi klub maupun suporter.

Walau timnya keluar dari Liga Champions,  Barca telah menyaksikan peningkatan signifikan yang terjadi di dalam skuad mereka sejak Xavi umumkan keinginannya untuk tinggalkan Camp Nou setelah musim ini.

Selain itu, Xavi juga memprioritaskan pengembangan para talenta muda Blaugrana, seperti Pau Cubarsi dan Lamine Yamal Рyang sama-sama berhasil tunjukkan kebolehannya yang luar biasa di lapangan.

Joan Laporta Jadi Otak Bertahannya Xavi di Barcelona

Di balik keputusan ini, ada kerja keras Joan Laporta – yang tak berhenti membujuk Xavi untuk bertahan, setidaknya satu musim lagi.

Kesulitan ekonomi yang dialami Barca juga mainkan peranan besar dalam beberapa diskusi yang digelar, tapi kemampuan Xavi untuk memberikan hasil – meskipun ada banyak masalah yang harus dihadapi, menjadi faktor sangat penting baginya untuk bertahan.

Pelatih yang mantan gelandang andalan Barca dan Timnas Spanyol itu juga yakin, permintaannya untuk mendapat tambahan pemain baru di bursa transfer mendatang akan dipenuhi klub, sehingga ia memiliki tim yang bisa lebih bersaing sebagai penantang gelar musim depan.

Walau belum ada pengumuman resmi yang disampaikan klub terkait hal ini, tapi dalam beberapa pekan ke depan diyakini Barca akan mengungkapkannya kepada publik.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!