Jual Nama Stadion, Manchester United Bisa Dapat Rp 400 Milyar Per Tahun

Berita Liga Inggris: Pemilik Manchester United, keluarga Glazer, memilih mengorbankan potensi pendapatan tambahan sebesar Rp 400 Milyar setahun dengan menolak kesempatan untuk menjual hak penamaan stadion Old Trafford.

Liga Inggris  - Jual Nama Stadion, Manchester United Bisa Dapat Rp 400 Milyar Per Tahun
Berita Bola: Jual Nama Stadion, Manchester United Bisa Dapat Rp 400 Milyar Per Tahun

Berita Liga Inggris: Pemilik Manchester United, keluarga Glazer, memilih untuk kehilangan duit tambahan sebesar Rp 400 Milyar per tahun dengan menolak menjual hak penamaan atas stadion Old Trafford.

Akhir pekan ini akan menandai ulang tahun ke-10 pengambilalihan secara kontroversial Manchester United oleh keluarga Glazer, yang menyebabkan klub menanggung beban utang sebesar 525 juta pound (setara Rp 10,4 Trilyun) pada bulan Mei 2005.

Pemilik berbasis di Florida itu tetap menjadi tokoh yang sangat memecah belah di antara para pendukung United, tetapi meskipun permusuhan vokal terhadap Glazer telah mereda dalam beberapa tahun terakhir, setiap langkah untuk mengubah nama Old Trafford akan berrisiko menimbukan protes luas dan kecaman.

Laporan triwulanan yang diterbitkan pada bulan Februari mengungkapkan bahwa utang klub saat ini masih ada sekitar 380 juta pound (setara Rp 7,6 Trilyun), tapi pemilik asal Amerika Serikat itu menganggap hak penamaan stadion sebagai sesuatu yang melewati batas dalam usaha untuk menarik lebih banyak pendapatan komersial bagi Old Trafford

The Dallas Cowboys saat ini baru saja mendapatkan keuntungan dari kesepakatan hak penamaan stadion terbesar di dunia yang menjamin pendapatan sebesar Rp 320 Milyar per tahun dengan raksasa komunikasi AT & T untuk branding stadion Cowboys Stadium yang baru-baru ini dibangun di Texas.

Arsenal saat ini mendapatkan sekitar Rp 600 Milyar per tahun dari gabungan hak penamaan hak dan kemeja kesepakatan stadion dan sponsor jersey resmi klub dengan Emirates Airlines, sementara Manchester City ingin memperbaiki kesepakatan senilai Rp 700 Milyar setahun dengan Etihad Airlines, yang meliputi hak penamaan, sponsor jersey dan branding atas kampus sekitar stadion.

Laporan dari Spanyol di awal tahun ini mengklaim bahwa Real Madrid telah menyetujui kesepakatan selama dua puluh tahun menyangkut hak penamaan senilai Rp 300Milyar per tahun untuk mengubah nama Santiago Bernabeu sebagai Abu Dhabi Bernabeu.

Tetapi setelah mencatatkan rekor dunia kontrak peralatan olahraga dan kemeja sponsor dengan Adidas dan Chevrolet senilai masing-masing Rp 1,5 Trilyun dan Rp 1,06 Trilyun per tahun, United diperkirakan akan melampaui nilai kontrak Dallas Cowboys jika mereka bersedia mengubah nama Old Trafford.

Liga Inggris  - Jual Nama Stadion, Manchester United Bisa Dapat Rp 400 Milyar Per Tahun
Berita Bola: Jual Nama Stadion, Manchester United Bisa Dapat Rp 400 Milyar Per Tahun
Sepakbola.cc