Fakta-fakta Menarik Final Piala Liga

23

Sebelum nonton final Piala Liga nanti malam yang menampilkan Liverpool vs Manchester City di Stadion Wembley, baca dulu fakta-fakta menarik seputar final Piala Liga, dan mengapa Liverpool jauh lebih difavoritkan memenangkan piala ini daripada Manchester City.

Sebelum nonton final Piala Liga nanti malam yang menampilkan Liverpool vs Manchester City di Stadion Wembley, baca dulu fakta-fakta menarik seputar final Piala Liga, dan mengapa Liverpool jauh lebih difavoritkan memenangkan piala ini daripada Manchester City.

Para pemain Liverpool lebih punya keterikatan dengan Piala Liga daripada Manchester City. The Reds sudah pernah memenangkan trofi ini delapan kali sepanjang sejarah, yang terbanyak daripada semua tim lain. Mereka juga yang paling sering lolos ke final, 12 kali termasuk tahun ini, dengan tiga di antaranya hanya berujung runner up.

Liverpool pernah memenangkannya pada tahun-tahun sebagai berikut: 1981, 1982, 1983, 1984, 1995, 2001, 2003, 2012. Sebagai perbandingan, Manchester City, yang menjadi rivalnya malam ini hanya pernah lolos ke final lima kali termasuk kali ini, dan menjadi juara pada tahun-tahun 1970, 1976, dan 2014.

Nomor dua terbanyak memenangkan final Piala Liga adalah Aston Villa yang menjadi juara lima kali dan tiga kali runner up. Di urutan berikutnya Chelsea lima kali juara dan dua kali runner up. Menyusul kemudian Manchester United empat kali juara dan empat kali runner up.

Beberapa fakta final Piala Liga lainnya:

  • Ini akan menjadi final ke-12 Liverpool di ajang Piala Liga, rekor tersendiri untuk kompetisi ini. Dari 11 final sebelumnya, mereka sudah mengangkat trofi delapan kali, antara tahun 1981 dan 2012, dengan yang terakhir kali menang melawan Cardiff melalui adu penalti.
  • Manchester City sudah empat kali masuk final Piala Liga sebelumnya, menang pada tahun 1970, 1976 dan terakhir pada tahun 2014 melawan Sunderland. Mereka adalah runner-up pada tahun 1974, kalah dari Wolves.
  • Ini akan menjadi final pertama Liverpool vs Manchester City dalam kompetisi apapun.
  • Dalam kompetisi piala, Liverpool tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir mereka melawan City (W6 D2), dengan kekalahan terakhir di replay putaran keempat Piala FA pada tahun 1973.
  • Juergen Klopp kini telah mencapai final piala di masing-masing lima musim terakhirnya sebagai manajer, tetapi telah mengalami kekalahan di tiga final terakhir. Ia memenangkan Piala DFB dengan Dortmund pada 2012, kalah di final Liga Champions di Wembley pada 2013 dan kalah final Piala Jerman berturut-turut pada tahun 2014 dan 2015.
  • Delapan pertemuan terakhir di semua kompetisi antara Liverpool dan Manchester City ini telah menghasilkan 32 gol, dengan kedua tim berhasil mencetak gol di setiap pertandingan.