Hasil Persebaya Surabaya vs Persib Bandung 2-3: Brace David da Silva Gagalkan Keunggulan Bajol Ijo

Gila Bola – Hasil Persebaya Surabaya vs Persib Bandung di pekan ke-15 Liga 1 Indonesia musim 2023/24 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (7/10) sore, ditutup dengan skor 2-3.

David da Silva berhasil membawa Persib amankan kemenangan di laga klasik bergengsi melawan Persebaya lewat brace-nya di laga ini. Persebaya pun gagal buyarkan catatan kemenangan tamu mereka meskipun sempat unggul 2-1 di laga ini.

Kemenangan di kandang Persebaya ini juga membuat Persib tercatat tak pernah kalah dalam delapan pertandingan terakhir mereka. Kini, Maung Bandung sukses merambah peringkat tiga – menggeser RANS Nusantara, dan kantongi poin 27 – poin sama yang dikoleksi tim berperingkat dua, Madura United.

Dalam laga ini, Persib tampil cukup mengejutkan di awal laga. Ciro Alves berhasil mencetak gol cepat ke gawang Persebaya saat laga baru berjalan tiga menit. Persib kemudian berbalik unggul lewat dua gol David da Silva di menit 52 dan menit ke-70.

Sedangkan tuan rumah, setelah samakan kedudukan lewat gol Bruno di menit ke-10, mereka sempat unggul 2-1 setelah Bruno mencetak brace lewat titik putih di menit 32. Namun, perjuangan Ernando Ari dan kawan-kawan dibuyarkan oleh dua gol David da Silva.

Upaya mati-matian yang dilakukan tim tuan rumah tak ada yang membuahkan hasil setelah itu, hingga laga pun ditutup dengan keunggulan tim tamu, Persib Bandung, 3-2.

Jika Persib berada di peringkat tiga saat ini, kekalahan ini membuat Persebaya tertahan di urutan ke-6 klasemen sementara Liga 1 Indonesia di pekan ke-15, dengan kantongi poin 22.

Babak Pertama

Persib langsung lancarkan ancamannya ke wilayah pertahanan tuan rumah sesaat setelah kickoff, meskipun upaya itu berhasil digagalkan Ernando Ari.

Upaya ngotot yang dilakukan tim tamu membuahkan hasil di menit ke-3 saat Ciro Alves sukses memanfaatkan umpan David da Silva dengan tendangan mendatarnya yang tak mampu dibendung Ernando. GOL!!! 1-0 Untuk Maung Bandung!

Dibobol tim tamu di awal laga membuat Persebaya terpacu untuk bukukan gol balasan. Bruno Moreira pun mencetak gol indahnya tepat di menit ke-10 dan mengubah skor menjadi 1-1. GOL!!

Setelah berhasil menyamakan kedudukan, Persebaya yang bermain lebih cair, bahkan nyaris mencetak gol kedua lewat sundulan kepala Ze Valente. Beruntung bagi Maung Bandung bola masih melebar.

PENALTI! Teja Paku Alam diganjar kartu kuning dan Persib mendapat hadiah penalti setelah kiper Persib Bandung itu lakukan pelanggaran terhadap Sho Yamamoto di menit ke-30.

Bruno yang tampil sebagai eksekutor sukses menyarangkan bola dari titik putih dengan tendangan kerasnya ke gawang Teja. GOL!! Persebaya sukses lakukan comeback dan skor berubah menjadi 2-1 di menit 32.

Babak Kedua

Persib mengawali babak kedua dengan permainan yang lebih menekan. Sayangnya, skuad Maung kehilangan Edo Febriansah yang untuk sementara diduga alami cedera engkel. Posisi Edo kemudian digantikan Rezaldi Hehanusa.

Kerja keras tim tamu akhirnya membuahkan hasil di menit 52 saat Beckham Putra berhasil mengontrol umpan jauh Levy Madinda dan menyodorkannya kepada David da Silva yang berlari bebas, GOL!! David da Silva berhasil samakan kedudukan menjadi 2-2!

Riswan Lauhin nyaris membuka peluang gol tambahan bagi tim lawan menjelang 20 menit terakhir karena salah sodorkan bola. Beruntung tambakan pemain Persib berhasil digagalkan Ernando Ari.

Namun sesaat kemudian, seakan mimpi buruk bagi tuan rumah. David da Silva mencetak brace lewat sundulan kepalanya tepat di menit ke-70 usai menerima umpan silang Marc Klok dan membawa tim tamu kembali unggul 3-2. GOL!!

Persib nyaris kebobolan lagi di menit ke-79 saat Ciro nyaris berhasil menyundul umpan Frets Butuan masuk ke gawang Ernando. Beruntung bola masih melambung!

Susunan Pemain

Persebaya (4-2-3-1): Ernando Ari; Riswan Lauhin, Kadek Raditya, Dusan Stevanovic, Reva Adi Utama; Song Ui-young, Ripal Wahyudi; Sho Yamamoto, Ze Valente, Bruno Moreira; Paulo Victor.

Persib Bandung (4-3-3): Teja Paku Alam; Edo Febriansah, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Putu Gede; Marc Klok, Rahmat Irianto, Levy Madinda; Ciro Alves, David da Silva, Beckham Putra.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News