Aston Villa Menang 3-1 Atas Bournemouth, Amankan Posisi Empat Besar Premier League

Hasil Aston Villa vs Bournemouth skor akhir 3-1 di pekan ke-34 Liga Inggris yang digelar di Villa Park pada hari Minggu 21 April, Villa amankan posisi empat klasemen zona Eropa.

Tiga gol kemenangan Aston Villa dicetak oleh Morgan Rogers di menit ke-45+1, kemudian gol dari Moussa Diaby di menit ke-57 dan gol pengunci kemenangan yang dicetak oleh Leon Bailey di menit ke-78. Sementara itu Bornemouth hanya mampu mencetak satu gol dari Dominic Solanke di menit ke-31 babak pertama melalui titik penalti.

Jalannya Pertandingan

Dominic Solanke Bawa Bournemouth Unggul Sementara, Aston Villa Comeback dan Menang 3-1
Dominic Solanke membawa Bournemouth unggul terlebih dahulu melalui penalti, namun gol-gol dari Morgan Rogers, Moussa Diaby, dan Leon Bailey membuat Aston Villa keluar sebagai pemenang yang nyaman di akhir pertandingan.

Hanya ada satu perubahan pada tim yang bermain imbang 2-2 melawan Manchester United terakhir kali; Luis Sinisterra absen karena cedera dan digantikan oleh Milos Kerkez.

Di awal babak pertama, upaya spekulatif Justin Kluivert dari sudut kotak penalti mendapat penyelamatan bagus dari Emi Martinez, kiper Argentina itu nyaris menepis bola keluar dari gawangnya.

Aston Villa menunjukkan tanda-tanda awal kemampuan mereka dalam serangan balik, tetapi Bournemouth mampu mengatasi ancaman mereka.

Sebuah pergerakan yang dibangun dengan baik membuat Lloyd Kelly menemukan Dango Ouattara di tiang jauh, pemain sayap itu melepaskan tembakan ke samping gawang.

Pada menit ke-30, Bournemouth memiliki peluang sempurna untuk membuka skor.

Kerkez masuk ke kotak penalti, bek Aston Villa Matty Cash dengan ceroboh melanggar pemain Hungaria itu. Wasit Tim Robinson tidak ragu-ragu untuk menunjuk titik penalti.

Meskipun tidak ada keluhan tentang keputusan tersebut, Aston Villa dirugikan atas pelanggaran yang dianggap terjadi sebelum pelanggaran di kotak penalti.

Setelah wasit turun tangan untuk melerai Lucas Digne dan Ouattara yang berdebat, Solanke berlari dan kemudian menceploskan bola ke gawang, Emi Martinez menebak ke arah yang benar tetapi tidak bisa berbuat apa-apa.

Bournemouth memberi Solanke peluang bagus lainnya segera setelahnya, umpan Kelly ke atas membuat sang striker lolos ke gawang.

Namun, tekel terakhir dari Ezri Konsa menghentikan Solanke sebelum dia bisa melepaskan tembakan.

Serangan balik Bournemouth yang gagal lainnya justru berujung pada gol penyeimbang Aston Villa.

Ryan Christie terlalu lama menunggu Kluivert kembali ke posisi onside, sehingga memungkinkan Aston Villa untuk merebut bola dan menyerang balik.

Mantan pemain pinjaman Bournemouth, Rogers, memasuki kotak penalti dan melewati Adam Smith, mengarah ke tepi lapangan sebelum berbelok ke kaki kanan dan melepaskan tembakan keras melewati Neto di gawang Bournemouth.

Bournemouth memasuki babak pertama dengan setengah pemain bertahan mereka mendapat kartu kuning, Smith karena dua kali menarik baju pemain lawan secara beruntun, Marcos Senesi karena menghentikan serangan balik Aston Villa dengan cara menjatuhkan Diaby.

Khawatir dengan frekuensi dan kecepatan serangan balik Aston Villa, pelatih kepala Andoni Iraola memasukkan Max Aarons untuk menggantikan Smith.

Di awal babak kedua, Illia Zabarnyi bergabung dengan Smith dan Senesi dalam daftar peraih kartu kuning, setelah melanggar Ollie Watkins. Pemain internasional Inggris itu kembali mengecoh bek Bournemouth tersebut untuk gol kedua Aston Villa.

Menerobos Zabarnyi saat serangan balik, Watkins memberikan umpan kepada Diaby yang dengan tenang menceploskan bola melewati Neto yang keluar untuk mengamankan gawangnya.

Bournemouth berusaha untuk merespon. Setelah terlihat serangan mereka terhenti, Lewis Cook membawa bola ke jalan buntu, umpan silang dari jauh oleh Christie kemudian menemui Ouattara di tiang jauh.

Sundulan pemain Burkina Faso itu mengarah ke gawang, tetapi diselamatkan dengan baik oleh Martinez untuk menjaga keunggulan Aston Villa.

Iraola kembali melakukan pergantian pemain untuk menambah daya gedor. Pertama masuk Antoine Semenyo, yang kembali dari cedera betis, menggantikan Senesi, sebelum duet gelandang Christie dan Kluivert digantikan oleh Philip Billing dan Alex Scott.

Meskipun dengan tambahan pemain bertipe menyerang, Aston Villa yang justru mencetak gol berikutnya. Watkins kembali menjadi kreator, melewati Neto dan melepaskan tembakan ke gawang. Bailey kemudian menyambar bola dan memastikan bola melewati garis, menggandakan keunggulan timnya.

Enes Unal selanjutnya yang dimasukkan sebagai pemain pengganti, dan pemain Turki itu mengira dirinya telah langsung memberikan dampak ketika ia menyambar bola rebound dari tembakan awal Semenyo. Namun, sang striker jelas offside, Bournemouth tertinggal dua gol dengan tujuh menit tersisa.

Unal kembali mengancam di masa injury time. Scott menemukan pemain pinjaman Getafe itu tetapi Martinez tampil gemilang dengan menggagalkan dua peluang Unal untuk mengamankan kemenangan bagi Aston Villa dengan skor akhir 3-1.

Susunan Pemain

Aston Villa: Martinez; Cash (Kesler-Hayden 90+6), Konsa, Torres, Digne; Tielemens, McGinn; Bailey (Carlos, 87), Rogers, Diaby (Duran, 90+3); Watkins.

Bournemouth: Neto; Smith (Aarons, 45), Zabarnyi, Senesi (Semenyo, 64), Kelly; Cook, Christie (Billing, 75), Kluivert (Scott, 75); Ouattara (Unal, 82), Kerkez, Solanke.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!