Brighton 0-3 Arsenal: Arsenal Kuasai Puncak Klasemen Lewat Gol Bukayo Saka, Kai Havertz dan Leandro Trossard

Arsenal kembali ke puncak klasemen Liga Inggris usai meraih kemenangan 3-0 atas Brighton.

Bukayo Saka membuka keunggulan melalui penalti di babak pertama setelah Tariq Lamptey melanggar Gabriel Jesus. Kai Havertz menambah keunggulan Arsenal di babak kedua, sementara Leandro Trossard mencetak gol ketiga ke gawang mantan klubnya.

Arsenal sukses mempertahankan clean sheet kelima kalinya secara beruntun di laga tandang. Kemenangan ini diraih berkat gol dari Bukayo Saka, Kai Havertz, dan Leandro Trossard.

Sebelumnya, Manchester City naik ke peringkat teratas setelah menang 4-2 atas Crystal Palace pada Sabtu siang, membuat mereka memiliki poin yang sama dengan Liverpool. Namun, tim asuhan Mikel Arteta merespon dengan performa yang luar biasa untuk kembali ke puncak klasemen.

Lini belakang Arsenal yang kokoh sempat mendapat awal yang goyah di laga ini. Saka kemudian dengan tenang mengeksekusi penalti meski VAR sempat meninjau pelanggaran Lamptey terhadap Jesus yang terlihat menyentuh bola terlebih dahulu.

Brighton, yang tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan kandang terakhirnya di liga, mulai meningkatkan tekanan di babak kedua. Namun, Arsenal yang sempat kehilangan kendali pertandingan, justru berhasil menambah keunggulan melalui Havertz yang mencetak gol kesembilannya di Liga Inggris musim ini.

Trossard semakin memperbesar penderitaan Brighton dengan mencetak gol chip ke gawang mantan klubnya. Kemenangan ini membuat Arsenal unggul satu poin di puncak klasemen.

Jalannya Pertandingan

Arsenal nyaris memimpin di menit kedua saat sundulan Gabriel yang tidak terkawal dari tendangan bebas Martin Odegaard masih melebar. Brighton mengancam tak lama kemudian saat tembakan Julio Enciso melambung dan tembakan kaki kiri Jakub Moder melebar ke tiang kiri.

Bukayo Saka menjadi pemain selanjutnya yang gagal mencetak gol, melepaskan tembakan melebar dari dalam kotak penalti setelah ia dengan mudah melewati Pervis Estupinan. Kemudian, Bart Verbruggen bergerak ke kiri untuk menepis tembakan Jesus.

Arsenal tampak goyah di awal pertandingan. Simon Adingra melepaskan tembakan melambung saat mendapat peluang bagus dan Lamptey meminta penalti setelah bertabrakan dengan David Raya di kotak penalti.

Namun, The Gunners mulai bangkit dan memaksa kesalahan dari tuan rumah. Lamptey menerjang ke arah Jesus dan menjatuhkan striker yang bermain sebagai pemain sayap kiri di area penalti. Saka membungkam pendukung tuan rumah dengan menceploskan tendangan penalti ke pojok kiri bawah gawang.

Raya masih harus bekerja keras sebelum turun minum, dengan sigap menepis tendangan melengkung Enciso ke atas mistar.

Odegaard mengancam di awal babak kedua, memaksa Verbruggen menepis tembakan kerasnya. Namun, Arsenal bermain kurang rapi dalam penguasaan bola dan Brighton mulai membangun momentum hingga Havertz mencetak gol. Jorginho masuk ke belakang bek kiri Brighton dan mengoper bola ke arah Havertz yang tinggal menceploskan bola.

Trossard masuk ke lapangan dengan mendapat cemoohan dari para pendukung Brighton yang dulu mengidolakannya. Ia memaksa Verbruggen melakukan penyelamatan bagus dan kemudian berlari bebas sebelum menceploskan bola melewati kiper untuk memastikan kemenangan Arsenal.

Rating Pemain Brighton vs Arsenal

Brighton: Verbruggen (7), Lamptey (5), Van Hecke (5), Dunk (5), Estupinan (5), Gross (6), Baleba (6), Moder (6), Enciso (7), Adingra (6), Welbeck (6). Cadangan: Buonanotte (6), Pedro (6), Fati (6).

Arsenal: Raya (7), White (7), Saliba (7), Gabriel (7), Zinchenko (5), Odegaard (7), Rice (7), Jorginho (7), Saka (7), Havertz (8), Jesus (7). Cadangan: Trossard (7), Martinelli (6), Tomiyasu (6), Nketiah (n/a), Vieira (n/a).

Pemain Terbaik: Kai Havertz

Klasemen Liga Inggris

#TeamMPWDLP

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!