Di Balik Kemerosotan Arsenal, Apakah The Gunners Butuh Penyerang Baru?

Gila Bola – Kekalahan Arsenal kontra Liverpool di ajang Piala FA merupakan kekalahan ketiga kalinya secara berturut-turut di semua kompetisi dan kehilangan poin untuk kali keempat secara beruntun. Apa yang salah?

Didesak media apakah klubnya akan melakukan penambahan kekuatan penyerang pada jendela transfer musim dingin ini, Mikel Arteta sang manajer menjawab bahwa tugasnya adalah memperbaiki para pemain. Melakukan transfer pemain depan disebutnya, bukan opsi yang realistis.

Di ajang kompetisi Liga Inggris, posisi tim merah kota London itu merosot dari urutan puncak klasemen yang masih mereka pertahankan pada pekan 18, menjadi urutan kedua pada pekan 19 dan kejeblos lagi ke urutan 20 pada pekan 20.

Perbandingan Arsenal Musim 2023/24 dan Musim Sebelumnya

Ini seperti deja vu, melihat ulang sebuah tim yang mengalami kemerosotan dari musim sebelumnya 2022/23, tapi terjadi beberapa minggu terlalu awal.

Cara paling optimistis untuk membandingkan the Gunners dari dua musim terkininya adalah di ajang Premier League. Itu karena mereka terhenti di semua kompetisi lainnya. Di Liga Europa tersingkir di tahap 16 besar. Demikian juga di ajang Carabao Cup pada putaran ketiga dan tahap keempat dari Piala FA.

Di divisi teratas sepak bola Inggris tersebut, tim berbasis di Emirates Stadium itu masih memimpin klasemen sampai dengan pekan ke-33, hanya berselang lima minggu sebelum berakhirnya musim.

Namun tiga hasil imbang dari pekan 30, 31 dan 32 sudah menyebabkan mereka kehilangan enam poin. Manchester City yang mendengus-dengus di belakangnya berhasil menyalip dan merebut posisi pertama klasemen setelahnya.

Kekalahan 4-1 di Etihad Stadium pada pekan 33, terjadi pada 26 April 2023, menjadi turning point kemerosotan tim dan upaya pasukan Pep Guardiola mengambil alih puncak klasemen dari tangan bekas asistennya itu.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Setelahnya, Bukayo Saka dan rekan-rekannya kehilangan motivasi dan masih kalah dua kali lagi dari lima pertandingan tersisa. Kalah 0-3 melawan Brighton dan kalah lagi 1-0 di City Ground kandang Nottingham Forest.

Berkah di Balik Musibah Bagi Arsenal

Tersingkirnya tim di ajang Piala FA di tangan Liverpool sebenarnya merupakan berkah di balik musibah bagi tim Mikel Arteta. Berbeda dengan musuhnya itu, konsentrasi para pemain kini bisa dipusatkan pada Liga Inggris.

Mereka juga sudah tersingkir dari ajang Carabao Cup, dihentikan oleh West Ham di putaran keempat kompetisi.

Satu-satunya yang tersisa dan mungkin masih menyita perhatian Martin Odegaard dan rekan-rekannya adalah Liga Champions. Mereka akan berjumpa FC Porto di tahap 16 besar dan tim Portugal itu akan berusaha memanfaatkan momentum buruk tim London untuk meraih kemenangan dalam dua leg.