Dilirik Sejumlah Klub Inggris, Kalvin Phillips Siap Tinggalkan Manchester City

Gila BolaManchester City berpeluang kehilangan Kalvin Phillips setelah pemain itu diberitakan tengah dilirik dua klub Liga Premier; Newcastle United dan Everton.

Kalvin Phillips diberitakan semakin mungkin tinggalkan Manchester City di bulan Januari, karena munculnya minat dari sejumlah klub, termasuk Newcastle United dan Everton.

Pemain berusia 27 tahun itu sudah 15 bulan alami masa-masa sulit di Etihad Stadium, sesaat setelah ia datang dari Leeds United di bulan Juli 2022. Sejauh ini, Phillips hanya bermain sebagai starter di lima pertandingan dari 26 penampilannya untuk the Citizens di semua kompetisi.

Cedera yang dialami Phillips dan performa luar biasa rekan setimnya di lini tengah, Rodri, menjadi dua faktor utama yang menghalangi langkah Phillips menjadi pemain reguler City musim lalu.

Sebagian kalangan sempat berpikir, Phillips akan mendapat kesempatan masuk lineup Manchester City ketika Rodri dijatuhi sanksi larangan bermain di tiga pertandingan domestik, karena perilaku kekerasan bulan lalu.

Kalvin Phillips Masih Punya Kontrak Lima Tahun Lagi di City

Phillips pun bermain penuh selama 90 menit saat City kalah dari Newcastle di Piala Liga, tapi kemudian kembali ke bangku cadangan saat City bertemu RB Leipzig, Wolves dan Arsenal.

Pep Guardiola malah beralih andalkan Mateo Kovacic dan Matheus Nunes di lini tengah skuadnya, serta bek sayap serbaguna berusia 18 tahun, Rico Lewis. Sementara Bernardo Silva, ia bermain dalam peran yang lebih dalam bersama Lewis saat City alami kekalahan dari Arsenal akhir pekan lalu.

Phillips saat ini masih memiliki sisa kontrak lima tahun lagi di Etihad, tapi ia harus hadapi masa depan yang tak pasti setelah posisinya makin merosot dalam urutan permainan skuad asuhan Guardiola.

Berpeluang Tinggalkan Manchester City dengan Status Pinjaman

Menurut The i, seperti yang dilansir Sportsmole, City bersedia melepas Phillips pergi musim panas ini, tapi gelandang Timnas Inggris tersebut mengaku ingin bertahan dan perjuangkan tempatnya. Namun, kini, tampaknya ia berpekuang besar tinggalkan Etihad di bulan Januari.

Laporan itu menambahkan, hal yang paling mungkin terjadi adalah pindah dengan status pinjaman di bursa transfer musim dingin, tepat di saat akan ada ‘banyak klub peminat’ yang mengincar jasanya.

Newcastle sendiri diberitakan sudah menanyakan ketersediaan Phillips untuk ditransfer pada musim panas lalu, dan minat mereka bisa bangkit lagi di bulan Januari.

Daftar Klub yang Ngiler dengan Penampilan Kalvin Phillips

Eddie Howe saat ini sudah memiliki sejumlah andalan lini tengah di skuadnya, termasuk Bruno Guimaraes, Sandro Tonali, Sean Longstaff, Joelinton, Elliot Anderson dan Joe Willock – yang saat ini cedera. Namun, pelatih the Magpies itu bisa tergoda untuk merekrut pemain baru lagi pada awal tahun depan, terutama jika timnya masih bersaing di Liga Champions sambil bermain gemilang di kompetisi domestik.

Everton juga dikabarkan tertarik pada Phillips, tetapi transfer pinjaman akan menjadi satu-satunya pilihan yang memungkinkan bagi The Toffees, karena situasi keuangan mereka saat ini dan ketidakpastian mengenai kepemilikan klub.

Sementara itu, Arsenal juga diberitakan tertarik pada Phillips. Laporan itu mengklaim, Mikel Arteta telah mengidentifikasi pemain asal Yorkshire itu sebagai target lini tengah utamanya di tahun 2024.

Jika City akhirnya putuskan untuk melepas Phillips, maka Guardiola bisa tingkatkan minat mereka terhadap gelandang Benfica berusia 19 tahun, Joao Neves.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!