Drama 9 Pemain Liverpool di Kandang The Lilywhites, Rekor Tak Terkalahkan Patah!

Gila Bola – Hasil pertandingan Tottenham Hotspur vs Liverpool berakhir dengan skor 2-1, rekor tak terkalahkan The Reds patah usai bermain dengan hanya 9 pemain di kandang Spurs.

Ini bagaikan malapetaka bagi Jurgen Klopp, di saat ia membutuhkan semua pemainnya untuk tampil prima melawan Tottenham Hotspur, skuadnya justru harus bermain dengan 10 pemain saja saat laga belum juga mencapai menit 30. Dan usai Cody Gakpo berhasil menyamakan kedudukan, di babak kedua kartu merah kedua bagi Liverpool membuat mereka harus takluk melalui gol bunuh diri!

Kronologi Kartu Merah Curtis Jones

Jones mendapatkan kartu kuning di menit 24 karena melakukan tekel telat terhadap Bissouma, dan wasit memeriksa VAR untuk kemungkinan kartu merah atas pelanggaran berat. Apa yang dilakukan Curtis Jones memang berbahaya karena menyambar bagian atas pergelangan Bissouma.

Usai wasit melihat tayang ulang insiden tersebut melalui layar monitor, tampak jelas Jones tidak dengan sengaja mencoba melukai Bissouma, tetapi ia menghajar bola terlalu bersemangat dan mengenai kaki Bissouma. Keputusan akhir wasit: kartu kuning dibatalkan, dan kartu merah dikeluarkan! Liverpool hanya bermain 10 pemain melawan Tottenham Hotspur! Ini malapetaka!

Son Heung-Min Langsung Cetak Gol

Awalnya masih tampak berjalan baik-baik saja bagi tim tamu, Mohamed Salah di sayap kanan berhasil mengalahkan Kulusevski dan mengirimkan umpan kepada Luis Diaz yang lolos dari hadangan Micky van de Ven, ia melepaskan tembakan rendah melintasi gawang, tetapi saat Diaz hendak merayakan gol, bendera offside terangkat.

Dan benar saja, tak butuh lama bagi Tottenham Hotspur untuk memanfaatkan keunggulan jumlah pemain mereka, di menit 36 papan skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah! Liverpool sudah berantakan di belakang sejak kehilangan Jones, dan Spurs langsung menghukum mereka! James Maddison mengirimkan bola kepada Richarlison yang berlari di sisi kiri dan menyodorkan bola ke tengah untuk Son Heung-Min. Alisson terkecoh dengan mendekati bola, dan sang kapten Spurs menyontek bola ke dalam gawang yang kosong. 1-0 Spurs!

Gawang Liverpool nyaris kebobolan lagi di akhir babak pertama saat Udogie mengirimkan bola kepada Son dan diteruskan kepada Kulusevski. Kemudian Richarlison mengambil alih, dan melepaskan tembakan yang sayangnyya bola rendah tersebut menghantam tiang jauh gawang Alisson.

Cody Gakpo Ciptakan Keajaiban!

Siapa sangka? 10 pemain lawan 11 pemain, tapi Liverpool berhasil mencetak gol! Di masa injury time babak pertama, tepatnya menit 45+4, Mac Allister mengirim bola kepada Szoboszlai di sebelah kanan, dan ia mengirimkan umpan yang cantik ke arah tiang jauh. Van Dijk menyundulnya ke tanah dan bola memantul di belakang Cody Gakpo, ia berhasil mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan. Vicario hanya mampu menepis bola dengan ujung jari yang jelas tak mampu mengimbangi kekuatan tembakan Gakpo! Skor imbang 1-1 saat memasuki jeda istirahat!

Babak Kedua mencekam!

Tottenham langsung menekan pertahanan Liverpool dan kiper Alisson harus berjibaku menyelamatkan gawangnya demi mempertahankan hasil imbang. Diawali dengan Romero yang mengembalikan bola kepada Maddison di luar kotak penalti dan dilanjutkan dengan tendangan melengkungkan melewati di antara dua pemain Liverpool menuju tiang jauh. Alisson melompat untuk menepis bola menjauh.

Liverpool kesulitan membersihkan lini pertahanan mereka, bola disilangkan kepada Son Heung-Min di tengah kotak penalti. Ia menahan bola dengan dada sebelum melepaskan tembakan ke gawang, dan Alisson kembali harus menepis ke atas mistar gawangnya.

Di menit 59 gol Tottenham dianulir, saat itu Maddison berputar menjauh dari Mac Allister sebelum mengirimkan umpan yang cantik melalui pertahanan Liverpool untuk Richarlison. Bermain satu dua dengan Son, pemain Brasil itu melesakkan bola masuk ke dalam gawang, tetapi bendera offside telah diangkat.

Kartu Merah Kedua Liverpool

Di menit 69 malapetaka kembali menimpa skuad Jurgen Klopp! Liverpool terpaksa hanya bermain dengan sembilan pemain! Berawal saat Udogie merampas bola dari pemain depan, dan Diogo Jota meluncur untuk mencoba merebut kembali bola. Namun kakinya sama sekali tidak mengenai bola dan justru mengenai kaki lawan, dan setelah hanya dalam waktu lebih dari satu menit setelah mendapatkan kartu kuning pertamanya, dia mendapatkan kartu kuning kedua yang membuatnya diusir dari lapangan.

Dan setelah digempur habis-habisan oleh pasukan Ange Postecoglou, Romero melihat pergerakan bebas Porro di sayap kanan, dan ia mengirimkan umpan silang rendah dengan cepat ketika melihat Robertson mendekatinya. Joel Matip tahu bahwa Skipp sedang berlari di belakangnya dan ia menjulurkan kakinya untuk memblokirnya, tetapi tanpa sengaja justru mengubah arah bola ke dalam gawangnya sendiri. Pertandingan pun ditutup dengan skor akhir 2-1 untuk kemenangan Spurs!

Liverpool gagal meraih puncak klasemen, padahal di laga sebelumnya Manchester City takluk oleh Wolves. Posisi The Reds merosot ke posisi 4 dengan 16 poin, Tottenham di posisi kedua dengan 17 poin, sementara Manchester City masih aman di puncak dengan 18 poin.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!