Keajaiban Unai Emery di Aston Villa, Kini Tim Urutan Lima Liga Inggris

Gila Bola – Aston Villa mencatatkan 11 kemenangan kandang beruntun usai mengungguli West Ham United 4-1 tadi malam. Mereka merupakan tim ketiga terbaik di seantero Eropa untuk urusan menang di kandang sendiri! Lihat betapa drastis perbedaan yang dibawa oleh Unai Emery.

Setahun lalu, Oktober 2022, Villa masih menjadi kandidat degradasi dengan Steven Gerrard gagal memindahkan kaki emasnya sebagai pemain ke posisi pelatih. The Lions waktu itu terdampar di posisi 17 klasemen, yang berujung pemecatan sang legenda Liverpool.

Kini setelah kedatangan Unai Emery, mereka berubah menjadi calon peserta Liga Champions. Posisi kelima sangat mungkin berujung pada empat besar yang akan meloloskan the Lions ke kompetisi elit Eropa itu. Bagaimana cara mereka mendapatkannya?

11 Kemenangan Kandang Beruntun Sejak Maret 2023

Unai Emery memanfaatkan betul laga-laga kandang mereka di Villa Park untuk meraih kemenangan. Terhitung sejak Maret 2023, the Villans tidak terkalahkan di kandang sendiri.

Sejak saat itu mereka secara berturut-turut menang 1-0 atas Crystal Palace, 3-0 atas Bournemouth dan kemudian 2-0 atas Nottingham Forest, sebelum menang 3-0 atas Newcastle United. Tim Eddie Howe ini kemudian membalaskan dendam dengan mengalahkan si Singa 5-1 pada laga awal musim 2023/24.

Kemenangan Ollie Watkins dan rekan-rekannya berlanjut dengan mengungguli Fulham 1-0 pada akhir April 2023, sebelum menang 2-1 atas Tottenham Hotspur dan 2-1 atas Brighton.

Musim baru diawali kekalahan tandang mengecewakan dengan skor 5-1 di Saint James’ Park, sebelum Everton menjadi sasaran pelampiasan dengan skor 4-0 pada pekan kedua, 20 Agustus 2023.

Tiga kemenangan berlanjut setelah itu dengan skor 3-1 atas Crystal Palace pada 16 September, dilanjutkan kemenangan besar saat si Singa menerkam si Burung Camar 6-1 pada akhir September dan akhirnya kemenangan 4-1 tadi malam atas skuad David Moyes.

Tim Liga Inggris Kedua Terbaik Setelah Manchester City

Sepanjang tahun kalender 2023, the Villans merupakan tim kedua terbaik dengan koleksi nilai mencapai 62 poin, sama banyaknya dengan Arsenal, dan hanya kalah dari koleksi Manchester City 74 poin.

Untuk bisa memahami ini maka kita perlu mengetahui bahwa tim dengan baju jersey biru muda dan claret (merah tua) tersebut hanya memenangkan 10 dari 30 laga kandangnya sebelum Maret 2023, dan mengalami kekalahan dalam 13 pertandingan di antaranya.

Sejak penunjukan Emery sebagai pelatih tim, mereka sudah berubah menjadi tim nomor empat terbaik di Liga Inggris dalam hal perolehan poin, menunjukkan konsistensi mereka.

Douglas Luiz, yang tadi malam mencetak dua gol dalam kemenangan 4-1 atas West Ham, merupakan pemain Villa pertama yang berhasil mencetak gol dalam enam laga berturut-turut di Villa Park sejak Dwight Yorke yang melesakkan lima gol pada tahun 1996.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News